TERHADAP TERJADINYA KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Eksperimen dengan Kasus Fraud pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta)

Nur, Asiah (2017) TERHADAP TERJADINYA KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Eksperimen dengan Kasus Fraud pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_NUR ASIAH_14812147027.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh bystander effect terhadap terjadinya kecurangan laporan keuangan. (2) Pengaruh whistleblowing terhadap terjadinya kecurangan laporan keuangan. (3) Pengaruh bystander effect dan whistleblowing secara simultan terhadap terjadinya kecurangan laporan keuangan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain eksperimen kuasi (quasi experiment) yaitu desain faktorial 2x2. Sampel penelitian adalah mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta sebanyak 64 mahasiswa. Instrumen yang digunakan yakni kuesioner dan kasus fraud. Penelitian ini menggunakan uji manipulation check untuk memeriksa seberapa jauh konsep terjadinya kecurangan laporan keuangan dipahami oleh responden. Uji validitas menggunakan uji CFA (confirmatory factor analysis) dengan variabel yang diharapkan memilki nilai Kaiser-Meyer-Olkin Measure of Sampling Adequacy (KMO MSA) >0,5. Hipotesis penelitian diolah menggunakan alat uji statistik two ways ANOVA menggunakan General Linear Model untuk mengetahui pengaruh utama dari tiap variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil pertama penelitian ini adalah Bystander Effect berpengaruh positif terhadap terjadinya kecurangan laporan keuangan dengan nilai signifikansinya 0,000. Whistleblowing berpengaruh negatif terhadap terjadinya kecurangan laporan keuangan dengan nilai signifikansinya 0.000. Bystander Effect diinteraksikan dengan Whistleblowing hasilnya tidak berpengaruh signifikan terhadap terjadinya kecurangan laporan keuangan dengan nilai signifikasinya 0.411. Bystander Effect diinteraksikan dengan FRCASE hasilnya berpengaruh signifikan terhadap terjadinya kecurangan laporan keuangan dengan nilai signifikasinya 0.000. Selanjutnya, variabel Whistleblowing diinteraksikan dengan FRCASE hasilnya berpengaruh signifikan terhadap terjadinya kecurangan laporan keuangan dengan nilai signifikasinya 0.000.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bystander effect, whistleblowing, kecurangan laporan keuangan
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 31 Jan 2017 00:38
Last Modified: 30 Jan 2019 13:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46626

Actions (login required)

View Item View Item