Nawawi, Ayi Umar (2017) ANALISA SISTEM ATRIAN M/M/1/N DENGAN RETENSI PELANGGAN YANG MEMBATALKAN ANTRIAN. S1 thesis, UNY.
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (637kB) | Preview |
|
Text
BAB III PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
||
Text
BAB IV PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pelanggan dalam suatu sistem antrian dibagi menjadi dua yaitu pelanggan sabar dan tidak sabar. Pelanggan tidak sabar sering ditemui dalam antrian dengan tiga tipe perilaku, yaitu balking, reneging, dan jockeying. Retensi pelanggan yang membatalkan antrian merupakan perkembangan dari reneging, yaitu bahwa setiap pelanggan yang datang dalam antrian akan menunggu dalam rentang waktu tertentu (reneging time). Jika pelayanan belum dimulai juga, bisa saja setiap pelanggan kehilangan kesabarannya bahkan pergi meninggalkan antrian dengan probabilitas p atau mungkin tetap dalam antriannya sampai mendapatkan pelayanan dengan probabilitas q. Pada tugas akhir ini, sistem antrian dengan retensi pelanggan yang membatalkan antrian dianalisa untuk memperoleh formula probabilitas terdapat n pelanggan dalam sistem dan ukuran keefektifan dari sistem antrian. Antrian yang dibahas adalah sistem antrian dengan retensi pelanggan yang membatalkan antrian yang memiliki satu server dengan satu garis antrian yang melayani pelangggan satu per satu serta kapasitas sistem yang terbatas. Pola kedatangan pada antrian ini berdistribusi Poisson dan pola pelayanan berdistribusi Eksponensial dengan disiplin antrian FIFO (First In First Out). Antrian yang dibahas ini dinyatakan dengan notasi M/M/1/N dengan retensi pelanggan yang membatalkan antrian. Pada pembahasan dilakukan penuruan formula menggunakan metode differensial untuk mendapatkan formula probabilitas dan ukuran-ukuran keefektifan sistem antrian. Berdasarkan analisa tentang sistem antrian M/M/1/N dengan retensi pelanggan yang membatalkan antrian telah diperoleh formula probabilitas dan ukuran-ukuran keefektifan sistem yang diimplementasikan ke dalam contoh kasus antrian dengan laju kedatangan 2 mobil/jam, laju pelayanan 3 mobil/jam, kapasitas sistem sebanyak 10 mobil, probabilitas retensinya 0.6 dan reneging time-nya 0.1 jam diperoleh hasil perhitungan yang menunjukan bahwa ukuran-ukuran keefektifan sistem antrian M/M/1/N dengan retensi pelangan yang membatalkan antrian lebih rendah jika dibandingkan dengan ukuran-ukuran keefektifan sistem antrian M/M/1/N sederhana.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | antrian, retensi pelanggan yang membatalkan antrian, ukuran keefektifan |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika |
Depositing User: | Jurusan Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 01 Feb 2017 02:29 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46623 |
Actions (login required)
View Item |