Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Materi Sistem Imun Berbentuk Peta Konsep Digital Interaktif Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 1 Godean.

Rahayu, Ayu (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Materi Sistem Imun Berbentuk Peta Konsep Digital Interaktif Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 1 Godean. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ayu-rahayu-14725251004.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran biologi materi sistem imun berbentuk peta konsep digital interaktif berbasis Adobe Flash sebagai sumber belajar, dan (2) mengungkapkan penerapan media pembelajaran yang dikembangkan tersebut terhadap minat belajar dan pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Godean. Penelitian pengembangan ini mengacu pada Model 4-D yang dikembangkan Thiagarajan, Semmel, & Semmel dengan prosedur pengembangan meliputi empat tahapan, yakni pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Uji coba produk hasil pengembangan berupa uji Alpha dan Beta. Uji Alpha meliputi penilaian oleh ahli media, ahli materi, dan guru mata pelajaran biologi. Uji Beta meliputi uji coba terbatas yang melibatkan 15 peserta didik, dan uji coba lapangan berupa minat belajar dan pemahaman konsep yang melibatkan 64 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan pada uji Alpha dan uji coba terbatas adalah statistika deskriptif, sedangkan pada uji coba lapangan adalah uji t (SPSS versi 21). Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran biologi materi sistem imun berbentuk peta konsep digital interaktif berbasis Adobe Flash yang layak digunakan sebagai sumber belajar. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa media pembelajaran biologi materi sistem imun berbentuk peta konsep digital interaktif berbasis Adobe Flash dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Godean.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Sistem Imun, Peta Konsep Digital Interaktif, Minat Belajar, Pemahaman Konsep
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jan 2017 08:22
Last Modified: 09 May 2019 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46618

Actions (login required)

View Item View Item