Pengembangan Penilaian Kinerja untuk Mengukur Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik dalam Kerja Kelompok Praktikum Fisika.

Azzizzah, Frida Amriyati (2017) Pengembangan Penilaian Kinerja untuk Mengukur Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik dalam Kerja Kelompok Praktikum Fisika. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-frida-amriyati-azzizzah-14726251039.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan lembar penilaian kinerja sebagai alat penilaian pembelajaran Fisika yang layak digunakan untuk mengukur disiplin dan tanggung jawab, (2) mengetahui sikap disiplin dan tanggung jawab peserta didik di kelas X SMA Muhammadiyah 1 Cilacap dan, (3) mengetahui efektivitas penerapan penilaian kinerja sebagai instrumen penilaian di SMA Muhammadiyah 1 Cilacap Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development ( R&D ) mengacu pada metode yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Pelaksanaan penelitian terdiri (1) studi pendahuluan, (2) merencanakan penelitian, (3) pengembangan desain, (4) uji coba lapangan, (5) revisi hasil uji coba lapangan, (6) uji lapangan sesungguhnya, (7) revisi hasil uji lapangan sesungguhnya, (8) uji kelayakan, (9) revisi final hasil uji kelayakan, (10) diseminasi dan implementasi produk akhir. Subjek uji coba lapangan yaitu peserta didik kelas X MIA 1di SMA Muhammadiyah 1 Cilacap dan uji lapangan sesungguhnya yaitu peserta didik kelas X MIA 2 di SMA Muhammadiyah 1 Cilacap. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kinerja dan angket respon. Teknik analisis untuk (1) mengetahui kelayakan berdasarkan penilaian ahli menggunakan statistik V Aiken, uji validitas dari data hasil uji lapangan menggunakan pendekatan item response theory dan uji reliabilitas dari data hasil uji lapangan menggunakan pendekatan inter-rater ICC, (2) kemampuan disiplin dan tanggung jawab diperoleh dari hasil pada lembar penilaian kinerja, kemudian disesuaikan dengan kriteria nilai sikap, (3) mengetahui efektivitas penerapan penilaian kinerja diperoleh dari hasil angket respon guru yang dihitung rata-rata skor, kemudian disesuaikan dengan kriteria penilaian ideal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) lembar penilaian kinerja sebagai alat penilaian pembelajaran Fisika valid berdasarkan penilaian ahli, serta valid dan reliabel berdasarkan uji lapangan, sehingga layak digunakan untuk mengukur disiplin dan tanggung jawab, (2) disiplin peserta didik menunjukkan predikat sangat baik yaitu mendapatkan rata-rata nilai 88,4 dan tanggung jawab peserta didik menunjukkan predikat sangat baik yaitu mendapatkan rata-rata nilai 92,85, (3) respon guru terhadap efektivitas penerapan penilaian kinerja di sekolah dalam kategori “sangat baik”, sehingga lembar penilaian kinerja efektif untuk mengukur nilai disiplin dan tanggung jawab peserta didik saat melakukan kegiatan praktikum.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Kinerja, Disiplin, Tanggung Jawab
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 30 Jan 2017 08:08
Last Modified: 30 Jan 2017 08:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46615

Actions (login required)

View Item View Item