PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA KENDARAAN RINGAN (PSPTKR) DI SMK MUHAMMADIYAH MUNGKID

Muhammad, Eko Fani (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA KENDARAAN RINGAN (PSPTKR) DI SMK MUHAMMADIYAH MUNGKID. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MUHAMMAD EKO FANI_12504241048.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode ceramah menyebabkan siswa menjadi kurang antusias dan merasa cepat bosan dengan pelajaran. Kurangnya perhatian siswa menyebabkan hasil belajar yang didapatkan rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Mungkid. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKR I SMK Muhammadiyah Mungkid tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah sebanyak 35 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yang memilih subjek berdasarkan keputusan subyektif peneliti. Sedangkan variabel yang diamati adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Model pembelajaran snowball throwing terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa sebesar 0,20 dari 0,27 (kategori rendah) menjadi 0,47 (kategori sedang) (2) Penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR I pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan. Hasil belajar siswa meningkat sebesar 0,27 dari 0,27 (kategori rendah) menjadi 0,54 (kategori sedang). Kata kunci : snowball throwing, keaktifan siswa, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Jan 2017 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 13:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46612

Actions (login required)

View Item View Item