PENGEMBANGAN TRAINER INTERFACE PORT SERIAL DAN PORT USB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN UNTUK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Fery, Pratama (2016) PENGEMBANGAN TRAINER INTERFACE PORT SERIAL DAN PORT USB SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN UNTUK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
5. Laporan Fery Pratama (14502247008).pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran mata pelajaran Teknik Pemrograman di SMK Negeri 3 Yogyakarta khususnya materi interface masih dinilai kurang praktis dalam penggunaan, sehingga siswa masih kesulitan dalam memahami materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran trainer interface port serial dan port USB dan (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran trainer interface port serial dan port USB untuk kelas X Teknik Audio-Video di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Obyek penelitian ini adalah trainer interface port serial dan port usb. Tahap penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini meliputi: (1) analisis, (2) desain produk, (3) implementasi, (4) evaluasi. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Adapun uji kelayakan media pembelajaran ini melibatkan tiga ahli materi pembelajaran dan dua ahli media pembelajaran, selain itu uji coba pemakaian dilakukan oleh 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dikembangkan trainer interface port seria dan port USB. (2) Hasil uji kelayakan media pembelajaran ini dengan persentase kelayakan dari ahli materi sebesar 83.33%, ahli media sebesar 83.95%, dan uji pemakaian terhadap siswa sebesar 81.55%. Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut, media ini dikatakan “sangat layak”, dan dapat digunakan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Kata Kunci : media pembelajaran, trainer, interface, teknik pemrograman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 31 Jan 2017 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 13:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46606

Actions (login required)

View Item View Item