Pengembangan Model Monitoring dan Evaluasi Kinerja Guru SMK Pascasertifikasi Berbasis Web.

Ta'ali, Ta'ali (2017) Pengembangan Model Monitoring dan Evaluasi Kinerja Guru SMK Pascasertifikasi Berbasis Web. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-ta'ali-10702269015.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan model monitoring dan evaluasi kinerja guru sekolah menengah kejuruan (SMK) berbasis web dalam bentuk SIMonev PKG Online, yang menghasilkan: (1) produk yang dapat berjalan secara online maupun offline, (2) gambaran dan informasi menyeluruh bagi sekolah dan instansi terkait terhadap pelaksanaan monitoring dan evaluasi penilaian kinerja guru, (3) model dengan tingkat validitas dan reliabilitas yang tinggi, dan (4) model yang dapat mengatasi keterbatasan sistem monitoring dan evaluasi kinerja guru konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall yang disederhanakan ke dalam lima tahap, yaitu: (1) analisis kebutuhan produk, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi 1, (4) uji lapangan terbatas dan revisi 2, dan (5) uji lapangan skala luas dan produk akhir. Instrumen yang digunakan untuk mengembangkan sistem ini adalah formulir wawancara, angket penelitian, diagram pemodelan sistem informasi, dan formulir penilaian kinerja guru kelas atau guru bidang studi. Tingkat validitas dan reliabilitas SIMonev PKG Online yang dikembangkan tersebut dinilai oleh ahli pemrograman web dan pengguna akhir sistem ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SIMonev PKG Online yang dikembangkan praktis digunakan sebagai perangkat sistem monitoring dan evaluasi kinerja guru SMK, karena SIMonev PKG Online yang dikembangkan memiliki kemampuan: (1) menampilkan profil guru dalam bentuk tabel dan grafik; (2) antarmuka (interface) yang interaktif; (3) menyimpan, mengolah, dan mempresentasikan data dalam berbagai format; dan (4) akses multi-user dan real time. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa tingkat validitas dan reliabilitas SIMonev PKG Online sudah cukup tinggi, yaitu Aiken's - V setiap item penilaian > 0,750 dan Alpha Cronbach α > 0,718, dan tingkat kepraktisan serta efektivitasnya yang tinggi saat digunakan dalam kegiatan monitoring dan evaluasi kinerja guru.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: SIMonev PKG Online, model monitoring dan evaluasi, kinerja guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jan 2017 04:46
Last Modified: 09 May 2019 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46602

Actions (login required)

View Item View Item