Very Hamada, Syakura (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA KOMPETENSI MEMELIHARA SISTEM KOPLING SISWA KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
Naskah Skripsi.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran interaktif sistem kopling mata pelajaran PSPT bidang keahlian teknik kendaraan ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan (2) mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg & Gall tahun 2003 yang terdiri dari tahap: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Validator materi dilakukan oleh dua ahli sedangkan validator media dilakukan oleh satu ahli. Penelitian ini dilakukan di kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan 2 tahap. Tahap pertama (uji coba terbatas) dengan populasi sebanyak 10 siswa sedangkan tahap kedua (uji coba lebih luas) sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan kuisioner. Analisis data pengembangan dilakukan secara deskriptif, sedangkan analisis data kelayakan dilakukan dengan mengkonversi data kuantitatif kedalam data kualitatif. Pada tahap akhir dilakukan distribusi terbatas ke sekolah yaitu di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Hasil penelitian ini adalah; (1) media pembelajaran interaktif sistem kopling dikembangkan melalui 10 tahap dan (2) kelayakan media pembelajaran mendapatkan hasil sebagai berikut: (a) hasil penilaian ahli materi didapatkan rerata skor 4,08 (kategori layak), (b) hasil penilaian ahli media didapatkan rerata skor 4,10 (kategori layak), (c) hasil uji coba produk terbatas didapatkan rerata skor 3,97 (kategori layak), (d) hasil uji coba lebih luas didapatkan rerata skor 4,03 (kategori layak). Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran interaktif sistem kopling dinyatakan Layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : Pengembangan, media pembelajaran, kelayakan media pembelajaran
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 31 Jan 2017 01:47 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46594 |
Actions (login required)
View Item |