Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri se-Kabupaten Ende Ditinjau dari Pelaksanaan Bimbingan Kejuruan, Prestasi Belajar Siswa, dan Pengalaman Praktik Kerja Industri

Hans, Hans (2010) Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri se-Kabupaten Ende Ditinjau dari Pelaksanaan Bimbingan Kejuruan, Prestasi Belajar Siswa, dan Pengalaman Praktik Kerja Industri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hans-08702281005.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui besarnya sumbangan pelaksanaan bimbingan kejuruan, prestasi belajar siswa, dan pengalaman praktik kerja industri masing-masing terhadap kesiapan kerja siswa SMK; (2) mengetahui besarnya sumbangan pelaksanaan bimbingan kejuruan dan prestasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa SMK; (3) mengetahui besarnya sumbangan pelaksanaan bimbingan kejuruan dan pengalaman praktik kerja industri secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa SMK; (4) mengetahui besarnya sumbangan prestasi belajar siswa dan pengalaman praktik kerja industri secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa SMK; (5) mengetahui besarnya sumbangan pelaksanaan bimbingan kejuruan, prestasi belajar siswa, dan pengalaman praktik kerja industri secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa SMK, Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dan populasi penelitian adalah siswa kelas XII SMK Negeri se-Kabupaten Ende, provinsi Nusa Tenggara Timur sebanyak 879 orang. Dengan teknik stratified proportional random sampling dengan sampling area sebesar 42%, maka sampel yang digunakan sebesar 258 orang. Cara pengumpulan data dipakai kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi statistik dan analisis regresi antara variabel bebas dan terikat. Proses perhitungan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 15.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat sumbangan positif dan signifikan pelaksanaan bimbingan kejuruan, prestasi belajar siswa, dan pengalaman praktik kerja industri masing-masing terhadap kesiapan kerja siswa SMK; (2) terdapat sumbangan positif dan signifikan pelaksanaan bimbingan kejuruan dan prestasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa SMK; (3) terdapat sumbangan positif dan signifikan pelaksanaan bimbingan kejuruan dan pengalaman praktik kerja industri secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa SMK; (4) terdapat sumbangan positif dan signifikan prestasi belajar siswa dan pengalaman praktik kerja industri secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa SMK; dan (5) terdapat sumbangan positif dan signifikan pelaksanaan bimbingan kejuruan, prestasi belajar siswa, dan pengalaman praktik kerja industri secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa SMK.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesiapan kerja siswa, bimbingan kejuruan, prestasi belajar siswa, pengalaman praktik kerja industri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2017 02:44
Last Modified: 29 Jan 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46589

Actions (login required)

View Item View Item