Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dengan Orientasi Pendekatan Problem Solving pada Mata Pelajaran Fisika di SMK

Widodo, Eko (2010) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dengan Orientasi Pendekatan Problem Solving pada Mata Pelajaran Fisika di SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eko-widodo-00725005.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitan ini merupakan penelitian eksperimen quasi yang bertujuan mendapatkan perangkat model pembelajaran kooperatif dengan orientasi pendekatan problem solving pada mata pelajaran fisika di SMK. Tempat penelitian SMK Negeri 2 (STM N 2) Wates yang terdiri dari jurusan mesin, listrik dan bangunan. Adapun subyek penelitian yang diambil adalah siswa kelas II SMK Negeri 2 Wates. Subyek dikelompokkan menjadi 3 kelompok yang masing-masing diberi nama kelas A, kelas B dan kelas C. Penelitian dilakukan dengan cara eksperimen quasi dengan subyek Kelas A dan Kelas B adapun Kelas C sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dengan cara observasi langsung, pre tes dan post tes. Hasil penelitian ini dianalisis dengan analisis varian (anava). Hasil penelitian ini telah berhasil memperoleh perangkat pembelajaran berupa lembar pengamatan keterampilan kooperatif siswa dan pengelolaan pembelajaran problem solving. Dengan perangkat tersebut berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan F hit 19,467 > F table 3,083. Berdasarkan analisis varian tersebut ada perbedaan yang signifikan penggunaan model pembejaran kooperatif yang berorientasi problem solving terhadap prestasi belajar siswa dan keefektifan kemampuan guru dalam mengajar dengan model pembelajaran kooperatif berorientasi problem solving pada mata pelajaran fisika di SMK.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, pendekatan problem solving
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2017 02:35
Last Modified: 29 Jan 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46587

Actions (login required)

View Item View Item