PERANCANGAN SISTEM SUSPENSI MOBIL FORMULA GARUDA 16 (FG16) DITINJAU DARI GEOMETRI SUSPENSI DAN SIMULASI FINITE ELEMENT ANALYSIS (FEA)

Widhiastu Dharma, Setiawan (2017) PERANCANGAN SISTEM SUSPENSI MOBIL FORMULA GARUDA 16 (FG16) DITINJAU DARI GEOMETRI SUSPENSI DAN SIMULASI FINITE ELEMENT ANALYSIS (FEA). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Widhihastu Dharma Setiawan-12504241039-Pendidikan Teknik Otomotif.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan rancangan sistem suspensi mobil Formula Garuda 16 (FG16) supaya memiliki berat yang lebih ringan dan mempunyai respon transisi yang lebih cepat daripada mobil F15, (2) menghasilkan kinematika suspensi yang memiliki kemampuan manuver yang lebih baik daripada mobil F15 dan mengurangi terjadinya understeer, serta (3) memastikan komponen sistem suspensi tetap aman dan dapat diandalkan pada setiap kondisi driving. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan model Engineering Design Process. Objek penelitian ini adalah desain sistem suspensi yang selanjutnya akan diaplikasikan pada mobil Formula Garuda 16 (FG16) untuk mengikuti Student Formula Japan pada tahun 2016. Alat pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah perangkat lunak Lotus Suspension Analysis (LSA) dan perangkat lunak Solidworks. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kinematika suspensi dan simulasi Finite Element Analysis (FEA). Data kinematika suspensi berupa angka dan grafik pada kondisi bump, roll, dan steered. Sedangkan data simulasi FEA berupa gambar kontur stress dan nilai faktor keamanan komponen sistem suspensi pada kondisi driving yang meliputi kondisi bump, kondisi pengereman, kondisi akselerasi, dan kondisi berbelok. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain sistem suspensi mobil Formula Garuda 16 (FG16) adalah sebagai berikut: (1) memiliki berat yang lebih ringan yaitu 48,8 kg, dan nilai roll gradient 0,483 deg/g yang artinya memiliki respon transisi yang lebih cepat daripada mobil F15, (2) memiliki roll camber lebih rendah dan letak roll center yang lebih baik, sehingga kemampuan manuvernya lebih baik daripada mobil F15, serta (3) memiliki faktor keamanan komponen minimal 1,21 yang artinya komponen layak dan aman pada setiap kondisi driving. Kata kunci : Desain, Sistem Suspensi, Mobil FG16, Kinematika Suspensi, Finite Element Analysis, Formula Student

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Jan 2017 03:12
Last Modified: 30 Jan 2019 13:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46579

Actions (login required)

View Item View Item