TRAINER TEKNIK DIGITAL DILENGKAPI DENGAN MONITOR GRAPHIC LCD 128x64 BERBASIS MIKROKONTROLLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM MATA PELAJARAN TEKNIK DIGITAL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMON

Widayat Setya, Mandiri (2016) TRAINER TEKNIK DIGITAL DILENGKAPI DENGAN MONITOR GRAPHIC LCD 128x64 BERBASIS MIKROKONTROLLER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM MATA PELAJARAN TEKNIK DIGITAL DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMON. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
naskah_Widayat_S.M_09502244033_PTE.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penggunaan project board untuk praktikum teknik digital di SMK Muhammadiyah 1 Temon membuat pembelajaran kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran praktikum berupa trainer teknik digital dilengkapi dengan monitor graphic LCD 128x64 berbasis mikrokontroller sebagai media pembelajaran praktikum mata pelajaran teknik digital di SMK Muhammadiyah 1 Temon. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Tahap pengembangan ini meliputi tahap: studi pendahuluan, mengembangkan produk dan validasi atau uji produk. Pengujian kelayakan media trainer teknik digital dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta siswa sebagai pengguna. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket skala likert. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil persentase kelayakan: (1) oleh ahli materi, aspek kelayakan isi diperoleh 94,29% dinyatakan sangat layak dilihat dari kesesuaian isi materi dengan SK dan KD. Aspek penyajian diperoleh 92,73% dinyatakan sangat layak dilihat dari kemampuan menyajikan materi secara runtut, dan menyajikan materi yang interaktif,. (2) oleh ahli media, aspek kriteria umum diperoleh 88,00% dinyatakan sangat layak dilihat dari kemampuan memberikan kemudahan penggunaan, keamanan untuk digunakan, serta manfaat untuk pembelajaran praktikum. Aspek kriteria khusus diperoleh 85,33% dinyatakan sangat layak dilihat kemenarikan disain tampilan, keteraturan tata letak komponen,kejelasan label dan simbol yang digunakan. (3) Oleh siswa, aspek kualitas isi diperoleh 80,51% dinyatakan sangat layak dilihat dari kepentingan penggunaan, kabel penghubung yang memadai, peningkatan minat dan perhatian siswa. Aspek kualitas pembelajaran diperoleh 79,64% dinyatakan layak dilihat dari kemampuan memberikan motivasi belajar, memberikan kemudahan merangkai rangkaian kerja dan membantu siswa dalam mengakses datasheet IC TTL. Aspek kualitas teknis diperoleh 79,57% dinyatakan layak dilihat dari ukuran dan jenis huruf yang mudah terbaca, kemenarikan tampilan trainer, dan kejelasan gambar yang disajikan. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, trainer teknik digital dilengkapi dengan monitor graphic LCD 128x64 berbasis mikrokontroller dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran praktikum mata pelajaran teknik digital di SMK Muhammadiyah 1 Temon. Kata kunci: Trainer, Teknik Digital, Graphic LCD 128x64

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Jan 2017 02:45
Last Modified: 30 Jan 2019 13:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46577

Actions (login required)

View Item View Item