LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 DEPOK Jalan Babarsari, Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281 18 Juli 2016 s/d 15 September 2016

NIA WULANDARI, NIA WULANDARI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMA NEGERI 1 DEPOK Jalan Babarsari, Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281 18 Juli 2016 s/d 15 September 2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pendidikan Bahasa Perancis_Nia Wulandari.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan usaha peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang harus ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. PPL memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mencari pengetahuan di luar lingkungan kampus khususnya pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan sesuai bidang yang ditekuni. PPL UNY 2016 dilaksanakan pada 18 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 di SMA Negeri 1 Depok yang beralamat di Jalan Babarsari, Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Program PPL ini memberikan banyak pengalaman kepada mahasiswa terutama mengenai dunia kerja yang sesungguhnya. Sebelum penerjunan, mahasiswa PPL UNY 2016 telah dibekali ilmu mengajar yang diperoleh dari mata kuliah pembelajaran mikro pada semester enam. Mahasiswa juga melaksanakan observasi berupa observasi lembaga, observasi sekolah dan observasi kegiatan belajar mengajar pada bulan Februari 2016. Berdasarkan hasil observasi secara umum, SMA Negeri 1 Depok menggunakan kurikulum 2006 (KTSP) untuk kelas XI dan XII, serta kurikulum 2013 untuk kelas X. Praktikan mengajarkan mata pelajaran bahasa Prancis dengan mengampu enam kelas yang mencakup XII IPA 1, XII IPA 2, XII IPS 2, XII IPS 4, X MIA 2 dan X MIA 3. Materi yang diajarkan pada kegiatan belajar mengajar (KBM) kelas XII adalah les goûts (kegemaran) sedangkan materi yang diajarkan pada kegiatan belajar mengajar (KBM) kelas X adalah saluer (menyapa) dan se présenter (memperkenalkan diri). Jadwal mengajar praktikan adalah hari Senin sampai dengan hari Sabtu pada jam pelajaran yang berbeda-beda. Selain melakukan praktik mengajar, praktikan juga melaksanakan program non mengajar yaitu upacara hari Senin, piket lobby, piket UKS dan piket Tata Usaha (TU). Praktikan juga membantu pelaksanaa program-program sekolah diantaranya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Eksprdisi (display ekstrakurikuler) dan turut memperingati hari keistimewaan kota Yogyakarta.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA Negeri 1 Depok, bahasa Prancis, les goûts, saluer, se présenter
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Jan 2017 01:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46575

Actions (login required)

View Item View Item