PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGOPERASIKAN ALAT JAHIT POKOK DAN ALAT JAHIT BANTU UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK N 1 PANDAK BANTUL

Dela Aputri, Ana (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENGOPERASIKAN ALAT JAHIT POKOK DAN ALAT JAHIT BANTU UNTUK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK N 1 PANDAK BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dela Aputri Ana.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan modul pembelajaran mengoperasikan alat jahit pokok dan alat jahit bantu untuk siswa kelas X program keahlian tata busana SMK N 1 Pandak Bantul, 2) mengetahui kelayakan modul pembelajaran mengoperasikan alat jahit pokok dan alat jahit bantu untuk siswa kelas X program keahlian tata busana SMK N 1 Pandak Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitijaknov, yang terdiri lima langkah pengembangan yaitu : 1) analisis kebutuhan produk, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi dan revisi, 4) uji coba kelompok kecil, 5) uji coba kelompok besar dan produk akhir. Validasi modul ini dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi yang terdiri atas 1 dosen dan 1 guru pengampu mata pelajaran. Subyek penelitian untuk uji coba skala kecil berjumlah 6 siswa dan subyek uji coba skala besar berjumlah 21 siswa dari kelas x di SMK N 1 Pandak. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian ini berupa: 1) modul pembelajaran mengoperasikan alat jahit pokok dan alat jahit bantu. Keunggulan modul ini terdapat scrapbook macammacam alat jahit pokok dan bantu. Ukuran modul 21x29,7 sedangkan kertas yang digunakan adalah kertas ivory untuk sampul dan kertas hvs untuk isi modul. 2) Hasil uji kelayakan modul mengoperasikan alat jahit pokok dan bantu, menurut ahli materi menunjukkan rerata skor sebesar 25 yang termasuk dalam kategori layak. Ahli media menunjukkan rerata skor 34 yang termasuk dalam kategori layak. Penilaian oleh siswa dari kelayakan secara keseluruhan dengan rerata skor 165,42 yang termasuk dalam kategori sangat layak, dengan presentase kategori sangat layak sebesar 69 % dan kategori layak sebesar 31 %. Kata kunci : Modul pembelajaran, Mengoperasikan alat jahit pokok dan bantu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Jan 2017 02:34
Last Modified: 30 Jan 2019 13:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46568

Actions (login required)

View Item View Item