LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2016 SMK YPKK 2 SLEMAN Jalan Pemuda, Wadas, Tridadi, Sleman

WIELDAN NUR HELAND, WIELDAN NUR HELAND (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2016 SMK YPKK 2 SLEMAN Jalan Pemuda, Wadas, Tridadi, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13803241096_Wieldan Nur Heland_P.Akuntansi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta memiliki sebuah program yang ditujukan bagi mahasiswa yang mengambil jurusan kependidikan yaitu program praktik pengalaman Lapangan (PPL) atau magang III. Meningkatkan pengalaman dilapangan bagi mahasiswa tersebut guna memenuhi salah satu misi yang dimiliki UNY yaitu terwujudnya lulusan yang berjati-diri dan berdaya saing di tingkat regional. Dengan sebuah misi maka diharapkan mahasiswa menjadi tenaga bidang kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga profesional. Untuk menyiapkan tenaga kependidikan tersebut UNY memberikan pengetahuan dan keterampilan menjadi tenaga pendidik.melalui Program PPL, merupakan program yang harus ditempuh oleh mahasiswa supaya mengetahui situasi dan kondisi lingkungan pembelajaran di sekolah melalui sudut pandang pendidik. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan mulai tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016 di SMK YPKK 2 Sleman. Kegiatan diawali dengan mahasiswa mengobservasi sekolah yang telah ditujukan jauh sebelum kegiatan PPL dijadwalkan. Melalui observasi tersebut data didapat dan diolah serta dikembangkan dalam simulasi pembelajaran atau dalam Micro Teaching mengenai proses pembelajaran yang dapat dilakukan. Setelah itu disusunlah program kerja yang dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan PPL berdasarkan skala prioritas, kebutuhan, dan waktu. Dalam kegiatan Pembelajaran perlu melakukan persiapan diantaranya penyusunan RPP, menentukan metode dan media pembelajaran. Mata pelajaran yang diampu yaitu Mengelola Kartu Persediaan untuk kelas XI Akuntansi, khususnya kelas XI AK 1 dan XI AK 2 yang telah ditujukan.Progam PPL yang telah terlaksana tersebut, merupakan indikasi keberhasilan semua pihak yang terkait. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini dijadikan proses pembelajaran dan pengalaman bagi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik Akuntansi agar dapat meningkatkan serta mengembangkan diri. Semoga dengan adanya kegiatan PPL ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menjadikan diri sebagai guru atau pendidik yang profesional yaitu guru yang mempunyai nilai, sikap, kemampuan dan ketrampilan yang memadai sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 27 Jan 2017 06:24
Last Modified: 01 Oct 2019 11:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46537

Actions (login required)

View Item View Item