Deny, Suharjono (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI TIPE BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR 3 PADA TEORI KOMPETENSI INTI PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN DI SMK MA’ARIF 1 WATES. S1 thesis, UNY.
|
Text
TAS DENY SUHARJONO 10504244025.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa XI TKR 3 SMK Ma’arif 1 Wates setelah penerapan metode pembelajaran diskusi tipe buzz group pada teori kompetensi inti pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis & McTaggart dengan subyek penelitian siswa kelas XI Progam Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 3 di SMK Ma’arif 1 Wates. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali putaran (siklus). Setiap pertemuan menggunakan langkahlangkah: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan metode pembelajaran diskusi tipe buzz group. Guru menjelaskan materi kompetensi inti pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan dengan metode ceramah dan diskusi. Data penelitian ini adalah hasil tes hasil belajar siswa XI TKR 3. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan melalui tes yang berupa soal tes obyektif. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran diskusi tipe buzz group dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi inti pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan kelas XI TKR 3 di SMK Ma’arif 1 Wates. Persentase hasil belajar siswa pada pra siklus menunjukan 13,33% siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan nilai ketuntasan yaitu 7,5. Sedangkan nilai rerata hasil belajar siswa pada pra siklus mencapai 5,2. Setelah diterapkan metode pembelajaran diskusi tipe buzz group pada siklus I persentase hasil belajar siswa yang telah memenuhi KKM meningkat menjadi 62,50% (meningkat 49,17% dari presentase pra siklus) dengan rerata hasil belajar mencapai 6,81. Sedangkan pada siklus II persentase hasil belajar siswa yang telah memenuhi KKM semakin meningkat menjadi 77,41% (meningkat 14,91% dari presentase pada Siklus I) dengan nilai rerata hasil belajar sebesar 7,72. Kata Kunci: metode pembelajaran buzz group, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 02:54 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 13:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46511 |
Actions (login required)
View Item |