LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Jl. Gendol Km 0.5, Sanggrahan, Mororejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Lia Noor Rahmawati, Lia Noor Rahmawati (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) Jl. Gendol Km 0.5, Sanggrahan, Mororejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13513244008_LIA NOOR RAHMAWATI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL memiliki misi yaitu untuk menyiapkan dan menghasilkan tenaga pendidik (Guru) yang memiliki kemampuan mengajar yang profesional. Selain itu, dengan diadakanya program PPL ini diharapkan mahasiswa mampu menggali 4 standar kompetensi Guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi social dan kompetensi profesional. Oleh karena itu, pelaksanaan PPL ini diharapkan mahasiswa benar-benar dapat memahami dan melaksanakan secara utuh tentang bagaimana menjadi seorang guru yang baik sesuai dengan 4 standar kompetensi Guru tersebut. Maksud lain dari PPL ini yaitu membantu mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman mengajar yang sesungguhnya di sekolahsekolah yang telah ditentukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Adapun salah satu lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan PPL yaitu SMK Muhammadiyah 1 Tempel yang beralamat di Jl. Gendol KM 0,5 Sanggarahan, Tempel, Sleman, DIY. Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL ini dilaksanakan selama 2 bulan yaitu mulai tanggal 15 Juli - 15 September 2016. Pelaksanaan kegiatan PPL diawali dengan observasi lapangan yang dilaksanakan pada awal semester untuk bahan pelaksanaan latihan (Microteaching) dalam perkuliahan. Pelaksaaan penerjunan KKN-PPL yaitu pada tanggal 15 Juli 2016. Setelah penerjunan mahasiswa harus melaksanakan berbagai kegiatan selama PPL antara lain: observasi kelas, pembuatan RPP mengajar sesuai dengan Silabus, konsultasi dengan guru pembimbing, mengajar di kelas, dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Selain pelaksanaan KBM mahasiswa juga tidak menutup kemungkinan untuk membantu kegiatan di sekolah yang lain. Adapun PPL yang dilakukan oleh praktikan yaitu mengajar Siswa Kelas X/XI/XII Busana Butik Semester 1. Hasil dari pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan atau PPL di SMK Muhammadiyah 1 Tempel ini yaitu Mahasiswa mampu membagi waktu dengan baik untuk belajar menjadi guru yang sesungguhnya dan di tempat yang sesungguhnya pula. Tantangan-tantangan dalam mengajar tentu banyak yang dihadapi, namun Mahasiswa justru dapat berkembang dengan mempelajari solusi untuk menghadapi tantangan tersebut agar menjadi lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pengertian PPL, Tujuan, Lokasi, Manfaat dan Hambatan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jan 2017 07:15
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46509

Actions (login required)

View Item View Item