PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK PEMBANGKIT SINYAL DAN COUNTER PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Budi, Irawan (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIK PEMBANGKIT SINYAL DAN COUNTER PADA MATA KULIAH ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
NASKAH SKRIPSI.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) mengembangkan media pembelajaran pembangkit sinyal dan counter sebagai media pembelajaran praktik untuk mata kuliah elektronika analog dan digital. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran praktik pembangkit sinyal dan counter pada mata kuliah elektronika analog dan digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Terdapat 10 tahapan penelitian yang digunakan, yaitu: (1) Analisis potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk, (10) Produksi massal. Metode yang digunakan untuk menilai kelayakan dari media pembelajaran yaitu dengan menggunakan angket. Penilaian kelayakan media pembelajaran dari aspek isi oleh ahli materi, penilaian kelayakan media pembelajaran dari aspek media oleh ahli media, dan penilaian kelayakan media pembelajaran dari aspek penggunaan oleh mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dihasilkan media pembelajaran pembangkit sinyal dan counter, media pembelajaran terdiri dari dua bagian yaitu blok pembangkit sinyal dan blok counter dengan aktuator Light Emmiting Diode dan seven segment. (2) hasil uji kelayakan materi memperoleh rata-rata skor 3,51 dengan persentase 87,91% dan masuk dalam kategori sangat layak, uji kelayakan media memperoleh rata-rata skor 3,32 dengan persentase 82,91% dan masuk dalam kategori sangat layak, dan uji kelayakan penggunaan oleh mahasiswa memperoleh rata-rata skor 3,20 dengan persentase 80,05% dan dikatagorikan sangat layak, secara keseluruhan hasil penilaian didapatkan rata-rata skor sebesar 3,34 dengan persentase sebesar 83,62% dan dikategorikan sangat layak. Kata kunci : media pembelajaran praktik, elektronika analog dan digital, pembangkit sinyal dan counter.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jan 2017 02:45
Last Modified: 30 Jan 2019 13:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46507

Actions (login required)

View Item View Item