PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA STANDAR KOMPETENSI MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA DI SMK NASIONAL BERBAH

Ginti Ismayana, Serang (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA STANDAR KOMPETENSI MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN SEDERHANA DI SMK NASIONAL BERBAH. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi - Ginti Ismayana Serang 12501244013.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) melakukan perancangan dan pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada standar kompetensi memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana di SMK Nasional Berbah, (2) mengetahui unjuk kerja multimedia pembelajaran interaktif pada standar kompetensi memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana di SMK Nasional Berbah, (3) mengetahui respon atau pendapat siswa, penilaian ahli media dan materi terhadap multimedia pembelajaran interaktif pada standar kompetensi memasang instalasi penerangan listrik bangunan sederhana di SMK Nasional Berbah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMK Nasional Berbah dengan subjek penelitian kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media, serta pengujian pada pengguna akhir yaitu siswa. Teknik analisis data menggunakan instrumen angket serta teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : (1) Hasil prototype mutimedia pembelajaran interaktif terdiri dari tujuh menu utama, yaitu SK & KD, materi, simulasi, evaluasi, profil, dan referensi. (2) Hasil uji black box testing fungsionalitas navigasi dengan hasil persentase 95,2 % tombol berfungsi. (3) Hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan rerata skor 68,5 dari skor rerata maksimal sebesar 80 dengan kategori “sangat layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan rerata skor 83,5 dari skor rerata maksimal sebesar 92 dengan kategori ”sangat layak”. Serta rerata skor yang diperoleh dari penilaian pengguna akhir atau respon siswa sebesar 74,2 dari skor rerata maksimal sebesar 92 dengan kategori “layak” digunakan sebagai multimedia pembelajaran. Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, ADDIE, Instalasi Penerangan Listrik, Teknik Instalasi Tenaga Listrik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jan 2017 02:52
Last Modified: 30 Jan 2019 13:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46505

Actions (login required)

View Item View Item