Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Diklat Bengkel dan K3 di SMKN 2 Praya Tengah

Indrayani, Baiq Suliana (2010) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Diklat Bengkel dan K3 di SMKN 2 Praya Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-baiq-suliana-indrayani-08702251009.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar berbantuan multimedia pembelajaran interaktif dengan hasil belajar siswa yang diajar berbantuan slide presentasi, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran berbantuan multimedia pembelajaran interaktif, (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran berbantuan slide presentasi, (4) mengetahui perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diajar berbantuan multimedia pembelajaran interaktif dengan hasil belajar siswa yang diajar berbantuan slide presentasi. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (quasi ekperiment) yang dilaksanakan di SMKN 2 Praya Tengah tahun pelajaran 2009/2010 kelas X pada semester dua. Desain penelitian berupa pretest-postest control group design. Subjek penelitian/responden terdiri dari 31 orang kelompok kontrol dan 29 orang kelompok eksperimen yang dipilih secara random. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes untuk mengetahui hasil belajar Bengkel dan K3 dan angket untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar Bengkel dan K3 antara kelompok kontrol dan eksperimen diuji dengan independent t-test. Sedangkan untuk mengetahui hasil belajar dan motivasi belajar Bengkel dan K3 yang lebih tinggi antara kelompok kontrol dan eksperimen diuji dengan uji scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mengalami pembelajaran berbantuan multimedia pembelajaran interaktif dengan siswa yang mengalami pembelajaran berbantuan slide presentasi dengan hasil signifikansi sebesar 0,016 lebih kecil dari alpha 0,05; (2) hasil belajar siswa yang diajar berbantuan multimedia pembelajaran interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar berbantuan slide presentasi dengan hasil signifikansi sebesar 0,016 lebih kecil dari alpha 0,05; (3) terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mengalami pembelajaran berbantuan slide presentasi dengan hasil signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05; (4) motivasi belajar siswa yang diajar berbantuan multimedia pembelajaran interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi belajar siswa yang diajar berbantuan slide presentasi dengan hasil signifikansi sebesar 0,047 lebih kecil dari alpha 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran berbasis komputer, hasil belajar, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2017 09:16
Last Modified: 29 Jan 2019 12:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46502

Actions (login required)

View Item View Item