Pengembangan Subject - Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Sikap Disiplin, serta Keterampilan Observasi Siswa Kelas VIII SMP.

Rahayu, Haryanti Sapti (2016) Pengembangan Subject - Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Sikap Disiplin, serta Keterampilan Observasi Siswa Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-haryanti-sapti-rahayu-14708259001.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kelayakan Subject-Specific Pedagogy (SSP) IPA berbasis pembelajaran kontekstual hasil pengembangan yang dipergunakan untuk meningkatkan prestasi belajar, sikap disiplin dan keterampilan observasi IPA materi fotosintesis siswa kelas VIII di SMP Negeri 12 Yogyakarta. SSP meliputi : silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan instrumen penilaian prestasi belajar, sikap disiplin, dan keterampilan observasi. Penelitian ini adalah penelitian R & D. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai subjek uji keterbacaan LKS.Untuk uji lapangan adalah Kelas VIII C sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, dan lembar observasi. Observasi dilakukan untuk memperoleh data tentang sikap disiplin siswa, dan keterampilan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan SSP IPA kelas VIII semester 1 layak dipergunakan sebagai acuan kegiatan pembelajaran IPA untuk meningkatkan prestasi belajar, sikap disiplin, serta keterampilan observasi siswa kelas VIII SMP pada materi Fotosintesis di SMP Negeri 12 Yogyakarta. SSP yang dikembangkan secara signifikan meningkatkan prestasi belajar, sikap disiplin, serta keterampilan mengobservasi siswa, yang dibuktikan dengan hasil uji multivariate nilai F Wilks’ Lamda sebesar 29,591 dan nilai signifikansi Wilks’ Lamda 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP IPA, Pembelajaran Kontekstual, Prestasi Belajar, Sikap Disiplin, Keterampilan Observasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Jan 2017 03:49
Last Modified: 09 May 2019 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46500

Actions (login required)

View Item View Item