LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016 LOKASI : SMP NEGERI 1 TURI TURI, DONOKERTO, TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA

Aninda Wulan Septiyani, Aninda Wulan Septiyani (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2016 LOKASI : SMP NEGERI 1 TURI TURI, DONOKERTO, TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13312244012_Aninda Wulan Septiyani_Pendidikan IPA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di bangku perkuliahan. PPL ini dilaksanakan pada semester khusus mulai dari tanggal 18 Juli 2016 sampai dengan 16 September 2016 dan ditempatkan di lokasi SMP N 1 Turi. Kelompok PPL di lokasi SMP N 1 Turi ini berjumlah 14 mahasiswa. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empiris dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat menerapkan, mempersiapkan, dan mengembangkan kemampuannya sebagai pendidik. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 8 kali pertemuan, namun mahasiswa melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 9 kali. Pada pembelajaran di awal kelas yang diajar sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII B dan VII D. Namun pada kelanjutan pembelajaran mahasiswa mengampu hanya satu kelas yaitu kelas VII D. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain observasi, demonstrasi, eksperimen, diskusi kelompok, dan tanya jawab. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain gambar, slide power point, LKPD beserta alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum. Selama PPL, praktikan juga menyusun programprogram agar pelaksanaan PPL berjalan dengan lancar. Meskipun dalam pelaksanaanya masih mengalami kendala dan hambatan seperti, peserta didik yang sulit untuk dikendalikan karena terlalu gaduh. Akan tetapi hal ini bukanlah merupakan hambatan yang berarti, karena memang perkembangan anak usia SMP sedang dalam proses pencarian jati diri. Praktikan telah berusaha untuk menekan semua hambatan yang terjadi selama melaksanakan program kerja, sehingga program tersebut akhirnya berhasil dilaksanakan. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kegiatan PPL ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses berkat kerjasama dan kerja keras semua pihak. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang profesional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 1 Turi, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Jan 2017 01:25
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46480

Actions (login required)

View Item View Item