Pengembangan Model Pengenalan Pembelajaran Bolabasket Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas.

Kuntowo, Panji (2017) Pengembangan Model Pengenalan Pembelajaran Bolabasket Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-panji-kuntowo-11711251026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran bolabasket pada siswa SD kelas atas yang layak digunakan. Model pembelajaran yang dikembangkan diharapkan untuk digunakan guru SD sebagai salah satu bentuk pembelajaran bolabasket kelas atas. Penelitian pengembangan ini dilakukan melalui 7 tahap dengan mengadaptasi langkah-langkah Borg & Gall sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (3) mengembangkan produk awal (draf model), (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (7) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap siswa kelas 5 SD N Klegung 2 Tempel Sleman yang berjumlah 24 siswa. Uji coba skala besar dilakukan terhadap siswa kelas 4 dan 5 SD N Gaten Tempel Sleman yang berjumlah 42 anak, SD N Tambakrejo yang berjumlah 22 anak dan SD N Banyurejo 1 yang bejumlah 23 anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu; (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi model pembelajaran, (4) pedoman observasi keefektifan model pembelajaran. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa buku panduan model pembelajaran bolabasket pada siswa sekolah dasar kelas atas, yang berisikan empat model pembelajaran, yaitu: (1) pembelajaran teknik dasar dribble, (2) pembelajaran teknik dasar chestpass, (3) pembelajaran teknik dasar bouncepass dan (4) pembelajaran teknik dasar shooting. Dari hasil penilaian para ahli materi, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran bolabasket yang disusun sangat baik dan efektif, sehingga model pembelajaran layak digunakan untuk pembelajaran bolabasket pada siswa SD di kelas atas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, model pembelajaran bolabasket
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jan 2017 08:07
Last Modified: 11 Jan 2022 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46460

Actions (login required)

View Item View Item