Pengembangan Multimedia Pembelajaran Komposisi Foto Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Negeri 1 Bendo.

Kurniawan, Handika Asep (2017) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Komposisi Foto Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Kompetensi Keahlian Multimedia SMK Negeri 1 Bendo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-handika-asep-kurniawan-14702251028.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran yang sesuai kebutuhan peserta didik pada mata pelajaran komposisi foto digital di SMK Negeri 1 Bendo; (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran komposisi foto digital yang dikembangkan; dan (3) mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan multimedia pembelajaran mata pelajaran komposisi foto digital yang dikembangkan terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan research and development. Model pengembangan ADDIE dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Desain penelitian eksperimen untuk minat belajar dan hasil belajar menggunakan non equivalent control group Penelitian dimuali dari bulan April sampai Agustus 2016. Kelayakan produk divalidasi oleh ahli multimedia, ahli materi dan peserta didik. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 52 peserta didik kelas XI Multimedia A dan B. Instrumen pengumpulan data adalah angket kelayakan multimedia, angket respon peserta didik, angket minat belajar dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut. (1) Kelayakan multimedia pembelajaran komposisi foto digital berdasarkan penilaian ketiga ahli materi mencapai tingkat kelayakan pada rerata skor 3,75 dengan kategori sangat layak. (2) Kelayakan multimedia pembelajaran komposisi foto digital berdasarkan penilaian kedua ahli multimedia mencapai tingkat kelayakan pada rerata skor 3,73 dengan kategori sangat layak. (3) Hasil analisis data pengukuran minat belajar peserta didik menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,020 lebih kecil dari 0,050 (0,020 < 0,050), maka hipotesis dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Hal ini berarti, minat belajar peserta didik yang menggunakan multimedia pembelajaran komposisi foto digital lebih tinggi daripada minat belajar peserta didik yang menggunakan bahan ajar konvensional. (4) Hasil analisis data tes hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,050 (0,000 < 0,050), maka hipotesis dalam penelitian ini dinyatakan diterima. Hal ini berarti, hasil belajar peserta didik yang menggunakan multimedia pembelajaran komposisi foto digital lebih tinggi daripada hasil belajar peserta didik yang menggunakan bahan ajar konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Multimedia pembelajaran, komposisi foto digital, minat belajar, hasil belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jan 2017 07:38
Last Modified: 09 May 2019 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46459

Actions (login required)

View Item View Item