Purnamasari, Dian (2017) Pengaruh Pemahaman Diri, Prestasi Akademik, Layanan Bimbingan dan Konseling, dan Citra SMK terhadap Minat Peserta Didik SMP Melanjutkan Studi ke SMK di Kabupaten Magelang. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-dian-purnamasari-14702251002.swf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) minat peserta didikSMP untuk melanjutkan studi ke SMK; (2) pengaruh pemahaman diri terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMK; (3) pengaruh prestasi akademik terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMK; (4) pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMK; (5) pengaruh citra SMK di mata peserta didik SMP terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMK; (6) pengaruh pemahaman diri, prestasi akademik,layanan bimbingan dan konseling, dan citra SMK terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMK secara bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah expose-facto. Populasi penelitian ini adalah 11.496 peserta didik SMP di Kabupaten Magelang. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin dan penentuan sampel menggunakan model area-stratified random sampling. Dari tabel yang disediakan dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel penelitian sebanyak 387 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan pengkajian dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat peserta didikSMP untuk melanjutkan studi ke SMK berada pada kategori kecenderungan sangat tinggi sebesar 44% dengan nilai rerata 54,91; (2) pemahaman diri berpengaruh terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMK dengan nilai p=0,000 dan r2=0,338; (3) prestasi akademik berpengaruh terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMK dengan nilai p=0,000 dan r2=0,063; (4) layanan bimbingan dan konseling berpengaruh terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMKd engan nilai p=0,000 dan r2=0,226; (5) citra SMK di mata peserta didik SMP berpengaruh terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMKdengan nilai p=0,000 dan r2=0,155; (6) pemahaman diri, prestasi akademik, layanan bimbingan dan konseling dan citra SMK bersama-sama berpengaruh terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMK dengan nilai p=0,000 dan r2=0,440.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, pemahaman diri, prestasi akademik, layanan bimbingan dan konseling, citra SMK |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 06:58 |
Last Modified: | 09 May 2019 07:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |