Pengaruh Pemahaman Diri, Prestasi Akademik, Layanan Bimbingan dan Konseling, dan Citra SMK terhadap Minat Peserta Didik SMP Melanjutkan Studi ke SMK di Kabupaten Magelang.

Purnamasari, Dian (2017) Pengaruh Pemahaman Diri, Prestasi Akademik, Layanan Bimbingan dan Konseling, dan Citra SMK terhadap Minat Peserta Didik SMP Melanjutkan Studi ke SMK di Kabupaten Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dian-purnamasari-14702251002.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) minat peserta didikSMP untuk melanjutkan studi ke SMK; (2) pengaruh pemahaman diri terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMK; (3) pengaruh prestasi akademik terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMK; (4) pengaruh layanan bimbingan dan konseling terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMK; (5) pengaruh citra SMK di mata peserta didik SMP terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMK; (6) pengaruh pemahaman diri, prestasi akademik,layanan bimbingan dan konseling, dan citra SMK terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMK secara bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah expose-facto. Populasi penelitian ini adalah 11.496 peserta didik SMP di Kabupaten Magelang. Penentuan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin dan penentuan sampel menggunakan model area-stratified random sampling. Dari tabel yang disediakan dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel penelitian sebanyak 387 orang. Pengumpulan data menggunakan angket dan pengkajian dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat peserta didikSMP untuk melanjutkan studi ke SMK berada pada kategori kecenderungan sangat tinggi sebesar 44% dengan nilai rerata 54,91; (2) pemahaman diri berpengaruh terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMK dengan nilai p=0,000 dan r2=0,338; (3) prestasi akademik berpengaruh terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMK dengan nilai p=0,000 dan r2=0,063; (4) layanan bimbingan dan konseling berpengaruh terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMKd engan nilai p=0,000 dan r2=0,226; (5) citra SMK di mata peserta didik SMP berpengaruh terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMKdengan nilai p=0,000 dan r2=0,155; (6) pemahaman diri, prestasi akademik, layanan bimbingan dan konseling dan citra SMK bersama-sama berpengaruh terhadap minat peserta didik SMP untuk melanjutkan studi ke SMK dengan nilai p=0,000 dan r2=0,440.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Minat, pemahaman diri, prestasi akademik, layanan bimbingan dan konseling, citra SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jan 2017 06:58
Last Modified: 09 May 2019 07:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46457

Actions (login required)

View Item View Item