Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani bagi Siswa SD Kelas Atas. Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani bagi Siswa SD Kelas Atas.

Prasetyanto, Tri Ari (2016) Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani bagi Siswa SD Kelas Atas. Pengembangan Model Latihan Kebugaran Jasmani bagi Siswa SD Kelas Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-tri-ari-prasetyanto-12711251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model latihan kebugaran jasmani bagi siswa sekolah dasar (SD) kelas atas. Model latihan kebugaran jasmani yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh guru olahraga sebagai salah satu bentuk model latihan yang baik dan efektif. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan, (2) analisis informasi yang telah dikumpulkan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi ahli dan revisi, (5) uji coba lapangan skala kecil, (6) revisi, (7) uji coba lapangan skala besar, (8) revisi akhir, dan (9) pembuatan produk final. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap anak-anak yang mengikuti pelajaran olahraga di SD Muhammadiyah Sapen kelas V yang berjumlah 24 siswa. Uji coba lapangan skala besar dilakukan terhadap anak-anak yang mengikuti pelajaran olahraga di tiga sekolah yaitu: (1) SD Muhammadiyah Sapen kelas VI yang berjumlah 24 siswa, (2) SD Muhammadiyah Gendeng kelas V yang berjumlah 22 siswa, (3) SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 kelas V yang berjumlah 24 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, (2) kuisioner bagi guru, (3) pedoman observasi model, (4) pedoman observasi, kuisioner uji efektivitas, dan (5) kuesioner bagi siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa model latihan kebugaran jasmani bagi siswa SD kelas atas menggunakan metode circuit training. Dari hasil analisis data penilaian para ahli materi dan kuesioner siswa, dapat ditarik kesimpulan bahwa model latihan kebugaran jasmani bagi siswa SD kelas atas ini dinilai baik dan efektif, dan respons siswa yang menjadi sampel memberikan respons yang positif, sehingga model pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model latihan, circuit training, siswa SD kelas atas.
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:42
Last Modified: 18 Jan 2022 03:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46453

Actions (login required)

View Item View Item