Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Elektronika Siswa SMK 2 Kota Bima

Wahiddin, Arif (2010) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Elektronika Siswa SMK 2 Kota Bima. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arif-wahiddin-08702251015.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh motivasi belajar, pembelajaran praktik, dan fasilitas praktik terhadap keterampilan elektronika; (2) pengaruh pembelajaran praktik elektronika, dan fasilitas praktik terhadap motivasi belajar; dan (3) pengaruh pembelajaran praktik elektronika dan fasilitas praktik terhadap keterampilan praktik melalui motivasi belajar siswa SMK 2 Kota Bima. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto bersifat korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK 2 Kota Bima Jurusan Teknik Elektronika Audio Video. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert 4 sikap. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear sederhana, dan analisis jalur pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa berada pada kategori sangat tinggi = 30%; kategori tinggi = 37,5%; kategori rendah = 22,5%; dan kategori sangat rendah = 10%; pembelajaran praktik elektronika pada kategori sangat baik = 45%; kategori baik = 22,5%; kategori cukup baik = 20%; dan kategori tidak baik = 12,5%; fasilitas praktik berada pada kategori sangat baik = 22,5%; kategori baik = 27,5%; kategori cukup baik = 30%; dan kategori tidak baik = 20%; keterampilan elektronika berada pada kategori sangat menguasai = 27,5%; kategori menguasai = 35%; kategori cukup menguasai = 25%; kategori tidak menguasai = 12,5%. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan dan positif motivasi belajar terhadap keterampilan elektronika dengan koefisien korelasi sebesar 0,934 dengan nilai thitung = 16,103 dan sumbangan efektif 87,2%; terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pembelajaran praktik elektronika terhadap keterampilan elektronika dengan koefisien korelasi sebesar 0,894 dengan nilai thitung = 12,333 dan sumbangan efektif 89,4%; dan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif fasilitas praktik terhadap keterampilan elektronika dengan koefisien korelasi sebesar 0.903 dengan nilai thitung = 12,921 dan sumbangan efektif 81,5%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pembelajaran praktik elektronika terhadap motivasi belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,906 dengan nilai thitung = 13,175 dan sumbangan efektif 82%; terdapat pengaruh yang signifikan dan positif fasilitas praktik terhadap motivasi belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,911 dengan nilai thitung = 13,620 dan sumbangan efektif 83%; (3) Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pembelajaran praktik elektronika terhadap keterampilan elektronika melalui motivasi belajar dengan total pengaruh = 0,404 dengan nilai thitung = 3,603 dan pengaruh tidak langsung sebesar = 0,242 dengan nilai thitung = 2,412; terdapat pengaruh yang signifikan dan positif fasilitas praktik terhadap keterampilan elektronika melalui motivasi belajar dengan total pengaruh = 0,490 dengan nilai thitung = 4,086 dan pengaruh tidak langsung sebesar = 0,278 dengan nilai thitung = 2,575.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan elektronika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2017 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 12:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46445

Actions (login required)

View Item View Item