Wahiddin, Arif (2010) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Elektronika Siswa SMK 2 Kota Bima. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-arif-wahiddin-08702251015.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) pengaruh motivasi belajar, pembelajaran praktik, dan fasilitas praktik terhadap keterampilan elektronika; (2) pengaruh pembelajaran praktik elektronika, dan fasilitas praktik terhadap motivasi belajar; dan (3) pengaruh pembelajaran praktik elektronika dan fasilitas praktik terhadap keterampilan praktik melalui motivasi belajar siswa SMK 2 Kota Bima. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto bersifat korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK 2 Kota Bima Jurusan Teknik Elektronika Audio Video. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert 4 sikap. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear sederhana, dan analisis jalur pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa berada pada kategori sangat tinggi = 30%; kategori tinggi = 37,5%; kategori rendah = 22,5%; dan kategori sangat rendah = 10%; pembelajaran praktik elektronika pada kategori sangat baik = 45%; kategori baik = 22,5%; kategori cukup baik = 20%; dan kategori tidak baik = 12,5%; fasilitas praktik berada pada kategori sangat baik = 22,5%; kategori baik = 27,5%; kategori cukup baik = 30%; dan kategori tidak baik = 20%; keterampilan elektronika berada pada kategori sangat menguasai = 27,5%; kategori menguasai = 35%; kategori cukup menguasai = 25%; kategori tidak menguasai = 12,5%. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan dan positif motivasi belajar terhadap keterampilan elektronika dengan koefisien korelasi sebesar 0,934 dengan nilai thitung = 16,103 dan sumbangan efektif 87,2%; terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pembelajaran praktik elektronika terhadap keterampilan elektronika dengan koefisien korelasi sebesar 0,894 dengan nilai thitung = 12,333 dan sumbangan efektif 89,4%; dan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif fasilitas praktik terhadap keterampilan elektronika dengan koefisien korelasi sebesar 0.903 dengan nilai thitung = 12,921 dan sumbangan efektif 81,5%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pembelajaran praktik elektronika terhadap motivasi belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,906 dengan nilai thitung = 13,175 dan sumbangan efektif 82%; terdapat pengaruh yang signifikan dan positif fasilitas praktik terhadap motivasi belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,911 dengan nilai thitung = 13,620 dan sumbangan efektif 83%; (3) Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pembelajaran praktik elektronika terhadap keterampilan elektronika melalui motivasi belajar dengan total pengaruh = 0,404 dengan nilai thitung = 3,603 dan pengaruh tidak langsung sebesar = 0,242 dengan nilai thitung = 2,412; terdapat pengaruh yang signifikan dan positif fasilitas praktik terhadap keterampilan elektronika melalui motivasi belajar dengan total pengaruh = 0,490 dengan nilai thitung = 4,086 dan pengaruh tidak langsung sebesar = 0,278 dengan nilai thitung = 2,575.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan elektronika |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 01:45 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 02:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46445 |
Actions (login required)
View Item |