Peningkatan Kualitas Gambar Produksi Bidang Teknik Mesin dengan Pembelajaran Berbasis Produksi di SMK St. Mikael Surakarta

Murdianto, Albertus (2010) Peningkatan Kualitas Gambar Produksi Bidang Teknik Mesin dengan Pembelajaran Berbasis Produksi di SMK St. Mikael Surakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-albertus-murdianto-08702251021.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam mengelola pembelajaran Praktek Gambar Teknik Mesin sehingga dapat mewujudkan kualitas proses dan hasil belajar siswa, selain itu akan diperoleh informasi baru tentang pembelajaran gambar teknik mesin dengan berbasis produksi. Fokus penelitian dibatasi pada pembelajaran gambar teknik mesin di kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Class Action Research). Lokasi penelitian berada di SMK St. Mikael Surakarta, dengan sumber informasi para siswa kelas XI (2), kolaborator dan hasil observasi (pengamatan) serta hasil gambar para siswa. Data dikumpulkan melalui observasi proses pembelajaran dan studi dokumen yang relevan untuk pemaknaan. Hasil analisis data menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, Pembelajaran gambar teknik mesin dengan berbasis produksi dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang ditandai dengan suasana kelas yang kondusif, Kedua, pembelajaran Gambar Teknik Mesin dengan berbasis produksi dapat meningkatkan kualitas hasil gambar produksi siswa dengan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum): 70,00 dan gambar tersebut layak diproduksi dengan adanya validasi dari pihak yang berwenang Kepala Bagian Gambar Produksi ATMI Surakarta, Ketiga, pembelajaran dengan berbasis produksi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengimplementasikan beberapa ilmu pendukung untuk mengatasi permasalahan tentang (1) pemahaman dasar-dasar gambar teknik, (2) pemahaman tentang elemen mesin standar, (3) pemahaman tentang proses pengerjaan, (4) kreatifitas dan kebiasaan sikap dalam menggambar, Keempat, cara pembelajaran berbasis produksi menekankan konsep bahwa materi yang diberikan adalah materi dan suasana kerja nyata sesuai dengan tuntutan industri. Dengan mengalami praktek sendiri siswa akan lebih mudah memahami materi pembelajaran. Materi diberikan dalam beberapa tahap agar siswa dapat memaknai tahapan materi dan mengkonstruksi pemahaman yang telah mereka miliki. Ketrampilan yang dimiliki para siswa akan lebih baik bila dilakukan berulang-ulang, makin sering diulangi, materi pelajaran akan semakin dikuasai, sehingga menjadi ketrampilan yang terbadankan yang mendarah daging. Kelima, untuk mengatasi permasalahan pada penelitian ini diperlukan 4 siklus, terutama pada materi penerapan suaian dan pemberian ukuran yang sesuai dengan pengerjaan. Pendekatan pembelajaran dan teori belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran Gambar Teknik Mesin adalah Production Based Training (PBT), cognitive apprenticeship learning, teori belajar behavioristik Thorndike dan B.F. Skinner, situated learning, experiental learning, dan teori belajar kognitif Piaget.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: gambar teknik mesin, pembelajaran berbasis produksi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2017 01:23
Last Modified: 29 Jan 2019 12:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46441

Actions (login required)

View Item View Item