PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) B DI SMK PIRI SLEMAN

Ardhi, Dwi Wicaksono (2016) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT-ALAT UKUR KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) B DI SMK PIRI SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan media pembelajaran berbasis WEB pada standar kompetensi menggunakan alat-alat ukur. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas X Progam Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) B di SMK Piri Sleman. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan media pembelajaran berbasis WEB. Guru menjelaskan materi dengan bantuan media teks, gambar, dan video yang ada pada media tersebut. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus pada kompetensi dasar mengidentifikasi alat-alat ukur, menggunakan alat ukur mekanis, menggunakan alat ukur pneumatis, menggunakan alat ukur elektronis dan Perawatan alat ukur. Data penelitian ini meliputi hasil tes hasil belajar dan tanggapan siswa mengenai media pembelajaran yang digunakan. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan melalui tes yang berupa soal tes obyektif. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis WEB dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi menggunakan alat-alat ukur kelas X TKR B di SMK Piri Sleman. Nilai rata – rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 5,9 dengan persentase ketuntasan klasikal 35,00%. Setelah diterapkan media pembelajaran berbasis WEB pada siklus I rata – rata hasil belajar mencapai 6,9 pada persentase ketuntasan klasikal 68,18%, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 7,5 pada persentase ketuntasan klasikal 78,26%. Tanggapan siswa mengenai media pembelajaran berbasis WEB adalah 100% menyenangkan dan dapat membantu memahami materi pelajaran, akan tetapi 69% masih membutuhkan penjelasan dari guru. Kata Kunci: WEB, Hasil belajar, Menggunakan Alat-alat ukur

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jan 2017 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 13:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46433

Actions (login required)

View Item View Item