PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KETERAMPILAN BATIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nadziroh, Risda Lailin (2017) PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL KETERAMPILAN BATIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 8 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil pembelajaran keterampilan batik pada kelas VII C SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan adalah pedoman wawancara, observasi, dokumentasi, alat tulis, dan kamera. Pemeriksaan keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keistimewaan skripsi ini terletak pada aspek tujuannya, yaitu mengetahui kegiatan pembelajaran keterampilan batik di kelas VII C SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta yang berfokus sebagai mata pelajaran muatan lokal guna melestarikan batik sebagai budaya asli Indonesia serta mengembangkan minat dan potensi peserta didik agar setiap siswa memiliki bekal life skill untuk kehidupan di masyarakat. Selain itu hasil pembelajaran di sekolah ini memiliki hasil karya yang memiliki nilai estetis serta daya jual sehingga dapat dijadikan sebagai pengisi acara sekolah tahunan yaitu pameran batik hasil karya siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran keterampilan batik sudah baik yaitu membuat silabus, RPP, mempersiapkan materi, sumber belajar, media pembelajaran, merencanakan kegiatan pendahuluan, & mempersiapkan untuk penilaian. 2) pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan (membuka dengan salam, mengecek kehadiran siswa, menjelaskan gambaran materi, membangkitkan ingatan siswa dengan cara menayakan materi pertemuan sebelumnya dan memberi motivasi pada siswa), kegiatan inti (terdiri eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), kegiatan penutup (umpan balik, evaluasi, memberikan tugas, menyimpulkan materi, ditutup dengan salam). 3) hasil pembelajaran keterampilan batik: batik tulis ukuran 50x50 cm yang diaplikasikan pada sarung bantal. Penilaian didapatkan guru dengan memperhatikan a) aspek kognitif, diperoleh melalui penugasan siswa. b) aspek afektif yang diperoleh melalui pengamatan sikap dan tingkah laku siswa. c) aspek psikomotorik, diperoleh melalui hasil praktik siswa dari menggambar motif dan proses membuat batik tulis. Tindak lanjut dari penilaian adalah guru melakukan program remedial terhadap siswa yang belum tuntas KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 24 Jan 2017 04:54
Last Modified: 30 Jan 2019 13:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46418

Actions (login required)

View Item View Item