Peningkatan Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal Melalui Permainan Tradisional pada Anak-Anak TK A Di TK Rumahku Tumbuh (RKT).

Pratiwi, Ade Ratih (2016) Peningkatan Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal Melalui Permainan Tradisional pada Anak-Anak TK A Di TK Rumahku Tumbuh (RKT). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ade-ratih-pratiwi-14731251001.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kecerdasan interpersonal melalui permainan tradisional pada anak-anak TK A di RKT, (2) untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal melalui permainan tradisional pada anak-anak TK A di RKT, dan (3) untuk mendeskripsikan proses peningkatan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal melalui permainan tradisional anak TK A di RKT. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, mengacu pada model Kemmis dan Taggart (2011) yang telah dimodifikasi. Desain penelitian ini dikelompokkan atas empat prosedur, yang meliputi: (a) perencanaan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian berjumlah 17 orang anak TK A RumahKu Tumbuh. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kecerdasan interpersonal dan intrapersonal melalui permainan tradisional pada anak-anak TK A RumahKu Tumbuh. Peningkatan kecerdasan interpersonal anak-anak secara keseluruhan pada pra siklus diperoleh skor rata-rata 22.59 dengan kategori sangat rendah meningkat menjadi 27.06 dengan kategori rendah pada siklus 1, dan mengalami peningkatan lagi menjadi 34.65 dengan kategori sedang pada siklus 2. Adapun peningkatan kecerdasan intrapersonal anak-anak secara keseluruhan pada pra siklus diperoleh skor rata-rata 16.82 dengan kategori sangat rendah meningkat menjadi 21.35 dengan kategori rendah pada siklus 1 dan mengalami peningkatan lagi menjadi 25.88 dengan kategori sedang pada siklus 2. Proses peningkatan kecerdasan interpersonal melalui tindakan bermain meliputi anak saling berinteraksi dalam permainan, melakukan komunikasi yang efektif ketika bertanya dan menjawab saat bermain, dan melakukan strategi untuk menang dalam permainan, sedangkan pada intrapersonal meliputi anak mengekspresikan emosinya dalam permainan dan anak mengetahui perasaan dirinya dengan melakukan tanya jawab bersama guru tentang perasaan yang anak rasakan saat melakukan kegiatan bermain.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Permainan tradisional, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Psikologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Jan 2017 02:56
Last Modified: 09 May 2019 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46402

Actions (login required)

View Item View Item