Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Biologi kelas X SMA di Kabupaten Sleman ditinjau dari Latar Belakang Akademik Guru.

Andrianto, Riza Fikri (2016) Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Biologi kelas X SMA di Kabupaten Sleman ditinjau dari Latar Belakang Akademik Guru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riza-fikri-andrianto-14725251042.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pemanfaatan sumber belajar yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran biologi kelas SMA di Kabupaten Sleman, (2) sumber belajar yang sering digunakan guru dalam membelajarkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural pada pembelajaran biologi kelas X SMA di Kabupaten Sleman, dan (3) pengaruh pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran biologi kelas X SMA di Kabupaten Sleman ditinjau dari latar belakang akademik guru. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri se-Kabupaten Sleman. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi kelas X SMA Negeri di Kabupaten Sleman. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu sesuai dengan ijin yang diberikan oleh pihak sekolah. Berdasarkan hal tersebut pada penelitian ini didapatkan sampel 14 guru biologi kelas X dari 14 SMA Negeri di Kabupaten Sleman. Data penelitian dikumpulkan melalui angket, kuesioner, wawancara dan observasi dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran biologi sudah baik, hal ini dikarenakan hampir keseluruhan guru sudah menggunakan sumber belajar dalam pembelajaran biologi, (2) sumber belajar yang sering digunakan untuk membelajarkan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural yaitu LKPD untuk pengetahuan faktual dan prosedural, sedangkan buku teks dan powerpoint untuk pengetahuan konseptual, (3) latar belakang akademik guru tidak mempengaruhi penggunaan sumber belajar dalam pembelajaran biologi kelas X SMA di Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Sumber belajar, guru biologi, latar belakang akademik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Jan 2017 02:16
Last Modified: 09 May 2019 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46398

Actions (login required)

View Item View Item