LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SD NEGERI SENDANGADI 1 Jalan Magelang Km 7,5 Mlati B Beningan, Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta

Maria Goretty Adventya Brittany, Maria Goretty Adventya Brittany (2016) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SD NEGERI SENDANGADI 1 Jalan Magelang Km 7,5 Mlati B Beningan, Sendangadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
13108241119_MARIA GORETTY ADVENTYA BRITTANY.pdf

Download (37MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)ialah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa S1. Dengan PPL yang dilaksanakan di SD Negeri Sendangadi 1 berlangsung mulai tanggal 18 Juli sampai dengan 10 September 2016 ini diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar langsung bagi mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah dalam pembelajaran secara langsung, serta dapat melatih dan memberi pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, peningkatan keterampilan, kemandirian, juga tanggung jawab. Pelaksanaan kegiatan PPL berjalan dengan baik adanya. Bentuk pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari dua jenis program kegiatan, yaitu mengajar dan non mengajar. Program mengajar terbagi menjadi dua jenis, yaitu praktik mengajar terbimbing, dan mengajar mandiri. Praktik mengajar terbimbing dilakukan empat kali dan mengajar mandiri dilakukan 4 kali. Masing-masing jenis praktik mengajar dilakukan di kelas rendah dan kelas tinggi. Kegiatan non mengajar terdiri dari pengelolaan perpustakaan, rapat akreditasi, pelaksanaan akreditasi, upacara bendera rutin setiap Hari Senin, upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-71, piket menyambut siswa, pendalaman iman Kristiani, membersihkan laboratorium IPA, HAORNAS, peringatan Hari Raya Idul Adha, dan pendampingan latihan lomba dalam rangka Bulan Kitab Suci Nasional. Keberhasilan program kerja yang telah kami laksanakan tidak terlepas dari faktor pendukung dan juga penghambat. Namun begitu, seluruh rangkaian kegiatan PPL yang telah kami laksanakan telah memberikan banyak pengalaman serta pengetahuan mengenai pembelajaran dan praktek nyata dengan baik. Tentunya dalam menjalankan seluruh program kerja PPL, kami niatkan sebagai bentuk pengabdian mahasiswa dan niat menuntut ilmu serta pengalaman baru. Diharapkan program-program PPL yang telah kami laksanakan dapat menjadi bekal berharga bagi mahasiswa sendiri untuk menjalankan kehidupan di kemudian hari, serta dapat memberikan kebermanfaatan bagi semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan PPL ini.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar, SD Negeri Sendangadi 1.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 24 Jan 2017 01:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46391

Actions (login required)

View Item View Item