PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN GRAMATIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI I TEMANGGUNG

Titi, Baroroh (2017) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN GRAMATIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI I TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_TITI BAROROH_11203244010.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar bahasa Jerman terhadap prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Temanggung, (2) pengaruh penguasaan gramatik bahasa Jerman terhadap prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Temanggung, dan (3) pengaruh minat belajar bahasa Jerman dan penguasaan gramatik bahasa Jerman secara bersama-sama terhadap prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Temanggung. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA N 1 Temanggung. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 102 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas, yakni minat belajar (X1) dan penguasaan gramatik (X2) serta satu variabel terikat, yakni keterampilan menulis bahasa Jerman (Y). Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket dan tes. Untuk menguji validitas instrumen menggunakan rumus Pearson. Uji validitas masing-masing instrumen adalah dengan validitas isi, validitas konstruk dan validitas butir soal. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Setelah uji coba diketahui bahwa 35 (dari 35 soal) untuk minat belajar dan 30 soal (dari 35) untuk penguasaan gramatik dinyatakan valid. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan garis regresi yaitu Ŷ = -15,192 + 0,593X1 + 1,346X2. Hal tersebut berarti (1) adanya pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman, yaitu thitung = 4,358 > ttabel = 2,034, (2) adanya pengaruh yang signifikan antara penguasaan gramatik bahasa Jerman terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik, yakni thitung = 4,291 > ttabel = 2,034, dan (3) adanya pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan penguasaan gramatik bahasa Jerman terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman peserta, yaitu Fhitung = 17,115 lebih besar dari Ftabel = 3,304.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Minat Belajar, Penguasaan Gramatik, Keterampilan Menulis bahasa Jerman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 24 Jan 2017 02:39
Last Modified: 30 Jan 2019 13:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46389

Actions (login required)

View Item View Item