PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SUBNETTING BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

Sri, Rahayu (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SUBNETTING BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Sri Rahayu.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membangun media pembelajaran interaktif subnetting yang mendukung kegiatan belajar mengajar, (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif subnetting berbasis Adobe Flash CS6 untuk siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) serta model yang digunakan dalam proses pengembangan media pembelajaran interaktif subnetting menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan melalui 6 tahapan. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif sebagai data pokok dan data kualitatif berupa saran dari responden sebagai data tambahan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan subjek penelitian siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran interaktif subnetting melalui tahap konsep, perancangan, pengumpulan bahan materi, pembuatan, percobaan, dan distribusi, (2) Kelayakan media pembelajaran interaktif subnetting berdasarkan ahli media masuk kategori baik dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 4,14 dan presentase kualitas media 82,85%. Berdasarkan ahli materi, rata-rata skor 4,17 masuk kategori Baik dengan presentase kualitas media 81,51%. Berdasarkan uji coba responden/siswa, rata-rata skor keseluruhan aspek 3,80 dan masuk kategori baik. Jadi berdasarkan ahli media, materi, dan responden maka media pembelajaran interaktif subnetting ini layak digunakan dan dapat mendukung kegiatan belajar mengajar siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Kata kunci: media pembelajaran, subnetting, Teknik Komputer Jaringan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jan 2017 02:31
Last Modified: 30 Jan 2019 12:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46377

Actions (login required)

View Item View Item