PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING GUNA MELIHAT KEATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI MENGOPERASIKAN SOFTWARE PROTEUS KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Azaz Tri, Wahyudi (2016) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING GUNA MELIHAT KEATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI MENGOPERASIKAN SOFTWARE PROTEUS KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
LAPORAN_AZAZ TRI WAHYUDI_14502247004_Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning Guna Melih.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk (1) mengetahui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dibutuhkan peserta didik untuk mencapai kompetensi belajar peserta didik pada materi mengoperasikan software proteus; (2) mengembangkan LKPD berbasis project based learning pada materi mengoperasikan software proteus yang memenuhi kelayakan sebagai media pembelajaran menurut ahli dan guru mata pelajaran teknik kerja bengkel jurusan teknik audio video; (3) mengetahui tingkat kreativitas peserta didik dalam pembuatan suatu projek teknik kerja bengkel dengan menggunakan LKPD yang telah disusun. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) diadaptasi dari Tim Puslijaknov yang menyederhanakan Model Pengembangan Menurut (Borg & Gall, 2007) yang meliputi 5 tahapan yaitu (1) analisis produk; (2) pengembangan produk awal; (3) validasi produk; (4) revisi produk dan (5) Uji lapangan. Penelitian ini melibatkan beberapa reviewer, yaitu tiga orang ahli, satu orang guru mata pelajaran teknik kerja bengkel, dan 29 siswa SMK kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan observasi. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) LKPD yang dibutuhkan oleh peserta didik adalah LKPD yang dapat menjadi sumber belajar peserta didik pada materi mengoperasikan software proteus, mudah dipelajari, menuntun peserta didik dengan jelas, dan meningkatkan kreatifitas peserta didik didalam proses pembelajaran maupun diluar pelajaran; (2) LKPD berbasis project based learning guna melihat kreativitas pada materi mengoperasikan software proteus yang telah disusun memenuhi kelayakan sebagai media pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penilaian LKPD oleh ahli dan guru mata pelajaran teknik kerja bengkel pada aspek kelayakan isi mendapat rerata skor (30,65) dalam kategori sangat baik, aspek bahasa mendapat rerata skor (17,00) dalam kategori sangat baik, aspek penyajian mendapat rerata skor (31,00) dalam kategori sangat baik, dan aspek kegrafisan mendapat rerata skor (22,50) dalam kategori sangat baik. (3) LKPD yang telah disusun mampu melihat tingkat kreativitas peserta didik. Hal ini dapat ditunjukkan melalui hasil observasi tingkat kreativitas peserta didik pada observasi 1 sebesar 73,275%, sedangkan observasi 2 sebesar 83,91%. Rerata persentase dari tiap aspek menunjukkan terdapat peningkatan kreativitas menggunakan LKPD. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan secara keseluruhan sebesar 10,635%. Kata Kunci: LKPD, Kreativitas, Kelayakan, Project Based Learning, Proteus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jan 2017 02:24
Last Modified: 30 Jan 2019 12:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46373

Actions (login required)

View Item View Item