Evaluasi Program Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mekanik Otomotif Pola PSG Astra di SMK Negeri 6 Kota Bandung

Pakpahan, Abigain (2010) Evaluasi Program Pembelajaran Berbasis Kompetensi Mekanik Otomotif Pola PSG Astra di SMK Negeri 6 Kota Bandung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abigan-pakpahan-04702251008.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui landasan empirik program, keberhasilan pelaksanaan program dan product program pembelajaran berbasis kompetensi dengan pola PSG kelas astra, pada program studi mekanik otomotif, yang diselenggarakan oleh SMK Negeri 6 Bandung bekerjasama dengan PT.Astra Toyota Auto 2000 Bandung sebagai institusi pasangan . Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan model CIPP (Context, Input, Process and Product) yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam. Informan dalam penelitian ini meliputi wakasek hubin, wakasek kurikulum, manager Toyota Astra Auto 2000 Sukarno Hatta Bandung, ka-prodi mekanik otomotif, guru, assessor dan siswa kelas 3 mekanik otomotif yang terpilih masuk dalam program pembelajaran berbasis kompetensi pola PSG Astra, di SMK Negeri 6 Bandung. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan memaknai data masing- masing komponen yang sudah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Context telah memenuhi standar minimal landasan hukum dan kebijakan yang berlaku, adanya keterkaitan dan urutan hirarkis yang baik, yaitu dari mulai undang-undang sistim pendidikan nasional sampai dengan kebijakan operasionalnya, serta masih relevan untuk digunakan pada saat ini. Input menunjukkan bahwa syarat minimal yang diperlukan sudah memadai untuk terlaksananya program. Process yang meliputi kegiatan belajar mengajar dan supervisi menunjukkan hasil baik. Product terdiri dari ouput dan outcome. Hasil output berupa nilai penguasaan unit kompetensi saat KBM dan dilakukan secara internal assessment menunjukkan bahwa siswa memperoleh nilai penguasaan unit kompetensi yang masih belum baik, namun telah memenuhi syarat yang disepakati oleh PT. Astra Toyota Auto 2000, dan SMK Negeri 6 Bandung dengan nilai minimum penguasaan unit kompetensi 70.00. Sedangkan outcome adalah hasil uji kompetensi yang dilakukan secara ekternal assessment oleh lembaga sertifikasi profesi teknik otomotif dan ikatan teknisi otomotif Indonesia cabang Jawa Barat, menunjukkan bahwa seluruh siswa dinyatakan kompeten pada seluruh unit kompetensi. Siswa yang telah lulus dan memperoleh sertifikat ada yang langsung disalurkan kerja sesuai lowongan yang tersedia, dengan demikian pelaksa naan program pembelajaran berbasis kompetensi pola PSG kelas astra yang dilaksanakan oleh PT.Astra Toyota Auto 2000 Sukarno Hatta Bandung dan SMK Negeri 6 Bandung masih perlu ditingkatkan lagi untuk mencapai kualitas lulusan yang baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis kompetensi, pola PSG Astra
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2017 00:44
Last Modified: 29 Jan 2019 12:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46372

Actions (login required)

View Item View Item