DINAMIKA PSIKOLOGIS MAHASISWA YANG MENGALAMI PROKRASTINASI DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR SKRIPSI

Khusthanul Rozak, Khusthanul (2016) DINAMIKA PSIKOLOGIS MAHASISWA YANG MENGALAMI PROKRASTINASI DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR SKRIPSI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
KHUSTHANUL ROZAK_11104241063.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dinamika psikologis mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Yogyakarta yang melakukan prokrastinasi dalam menyelesaikan tugas akhir skripsi dilihat dari jenis, proses, penyebab, akibat, dan coping. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi BK FIP UNY. Subjek penelitian diambil dengan cara purposive terdiri dari 5 orang dengan kriteria mahasiswa Prodi BK FIP UNY angkatan 2011, sedang menyelesaikan tugas akhir skripsi, dan bersedia diwawancara. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini bersifat induktif-final analysis mengacu pada model Miles & Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika psikologis yang terjadi pada kelima subjek dilihat dari jenis, proses, penyebab, akibat, dan coping adalah sebagai berikut : 1) kelima subjek mengalami jenis yang berbeda yaitu positif atau functional procrastination dan negatif atau dysfunctional procrastination; 2) masing-masing subjek mengalami proses yang berbeda-beda terlihat dari kemajuan skripsi subjek ada yang bab 1, bab 2, bab 3, bab 4, dan bab 5; 3) masing-masing subjek merasakan suatu sebab dalam penyelesaian skripsi mulai dari rasa malas, kurang perfect, suka bermain, bekerja, bermain game, kurang dorongan, dan kesulitan bertemu dosen; 4) akibat yang dirasakan oleh subjek adalah perasaan kecewa, menyesal, tertekan, malu, dan bersalah baik pada diri sendiri, orang tua, dan Perguruan Tinggi 5) Subjek TO, EN, IR, dan DR mengalami adaptive coping, sedangkan SN mengalami maladaptive coping. Kata kunci: dinamika psikologis, prokrastinasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 23 Jan 2017 07:59
Last Modified: 30 Jan 2019 12:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46362

Actions (login required)

View Item View Item