Candra, Wicaksono (2017) KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 SALAM, MAGELANG. S1 thesis, UNY.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP PDF.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kontribusi Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Salam, (2) kontribusi Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Salam, (3) kontribusi Kebiasaan terhadap Prestasi Belajar siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Salam, (4) kontribusi Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Salam. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII TKR SMK Muhammadiyah 1 Salam, dengan jumlah 51 siswa, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Angket untuk mengumpulkan data Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, dan Kebiasaan Belajar sedangkan dokumentasi untuk mengambil data Prestasi Belajar. Uji coba instrumen ini dilakukan terhadap 25 siswa kelas XI TKR A SMK Muhammadiyah 1 Salam, analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama, hipotesis kedua, dan hipotesis ketiga serta analisis regresi ganda untuk hipotesis keempat. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji linieritas dan multikolinieritas. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat kontribusi positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas XII TKR SMK Muhammadiyah 1 Salam, yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 5,699 > 2,009; (2) terdapat kontribusi positif dan signifikan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas XII TKR SMK Muhammadiyah 1 Salam, yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 6,412 > 2,009. (3) terdapat kontribusi positif dan signifikan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas XII TKR SMK Muhammadiyah 1 Salam, yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 8,587 > 2,009. (4) terdapat kontribusi positif dan signifikan Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa kelas XII TKR SMK Muhammadiyah 1 Salam, yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu: Fhitung 29,931 > 2,80 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi sebesar 0,656 yang artinya sebesar 65,6% ketiga variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar. Kata Kunci : kontribusi, motivasi belajar, lingkungan belajar, kebiasaan belajar, dan prestasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 24 Jan 2017 01:56 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46359 |
Actions (login required)
View Item |