PENGARUH LINGKUNGAN FISIK BENGKEL DAN BIMBINGAN GURU TERHADAP PRESTASI PRAKTIK PEMESINAN SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

PRIMA, SUSANTO (2016) PENGARUH LINGKUNGAN FISIK BENGKEL DAN BIMBINGAN GURU TERHADAP PRESTASI PRAKTIK PEMESINAN SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Pengaruh Lingkungan Fisik Bengkel dan Bimbingan Guru terhadap Prestasi Praktik.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh Lingkungan Fisik Bengkel terhadap Prestasi Praktik Pemesinan Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta; (2) Mengetahui pengaruh Bimbingan Guru terhadap Prestasi Praktik Pemesinan Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta; (3) Mengetahui pengaruh Lingkungan Fisik Bengkel dan Bimbingan Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Praktik Pemesinan Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian expost facto. Variabel dalam penelitian ini adalah Lingkungan Fisik Bengkel (X1) dan Bimbingan Guru (X2) sebagai variabel bebas serta Prestasi Praktik Pemesinan (Y) sebagai variabel terikatnya. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XII Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang berjumlah 115. Jumlah sampel yang diuji sebanyak 89 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode Stratified Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Lingkungan Fisik Bengkel memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Praktik Pemesinan yang ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 4,021 dan nilai r sebesar 0,396 yang termasuk dalam kategori rendah; (2) Bimbingan Guru memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Praktik Pemesinan yang ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 5,010 dan nilai r sebesar 0,473 yang termasuk dalam kategori sedang; (3) Lingkungan Fisik Bengkel dan Bimbingan Guru secara bersamasama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Praktik Pemesinan yang ditunjukan dengan nilai F hitung sebesar 20,908 dan nilai R sebesar 0,572 yang termasuk dalam kategori sedang, koefisien determinasi = 0,327 yang artinya kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Praktik Pemesinan sebesar 32,7%. Kata kunci: Lingkungan Fisik Bengkel, Bimbingan Guru, dan Prestasi Praktik Pemesinan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jan 2017 01:58
Last Modified: 30 Jan 2019 12:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46353

Actions (login required)

View Item View Item