PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KRATON YOGYAKARTA

Taileleu, Fidaresta (2016) PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KRATON YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Fidaresta Taileleu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Kraton, dan mendeskripsikan hambatan yang terjadi dan solusi yang dilakukan dalam proses pembelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 14 orang dan satu orang guru kelas IV. Obyek penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan alam dalam proses pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Kraton. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dalam proses pembelajaran IPA Guru dan siswa konsisten memanfaatkan media lingkungan alam fisik (abiotik) yaitu sinar matahari, tanah, kandang kucing dan pot bunga, media lingkungan alam hayati (biotik) yaitu: bunga dalam pot dan kucing. (2) Langkah-langkah pembelajaran yaitu: (a) Melakukan penyelidikan lingkungan alam yang akan dimanfaatkan dengan kondisi siswa. (b) Guru menyusun perencanaan pembelajaran. (c) Mengorganisasikan siswa menjadi 3 kelompok. (d) Melaksanakan pembelajaran dengan menjelaskan materi kepada siswa, menyampaikan instruksi kepada siswa sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, melakukan pengamatan di lingkungan alam, Siswa mendiskusikan hasil pengamatan lingkungan alam di dalam kelas, dan meyelesaikan tugas individu secara mandiri. Diakhiri dengan pujian yang disampaikan oleh guru kepada siswa. (e) Melakukan pemajangan hasil kerja kelompok dengan suara nyaring dan jelas. (f) Guru menindak lanjuti kegiatan siswa dengan memberikan tugas individu untuk dikumpulkan hari itu juga. (3) Hambatan yang terjadi dalam proses pembelajaran IPA yaitu: siswa yang sulit dikondisikan. (4) Adapun solusi yang dilakukan oleh guru adalah dengan cara menasehati dan menegur setiap siswa yang melakukan pelanggaran. Kata kunci: Pemanfaatan lingkungan alam, IPA, di SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Jan 2017 05:54
Last Modified: 30 Jan 2019 12:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46351

Actions (login required)

View Item View Item