HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN, STATUS GIZI DAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS ATAS SD REJOSARI 3 SEMIN GUNUNGKIDUL

Ertha, Cahyaputra (2016) HUBUNGAN ANTARA POLA MAKAN, STATUS GIZI DAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS ATAS SD REJOSARI 3 SEMIN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi _Ertha Cahyaputra_12601244033.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Dilatarbelakangi oleh letak sekolah yang cukup jauh dari perkotaan, dan asupan makanan yang kurang baik, menimbulkan permasalahan pada kebugaran jasmani para siswa, padahal asupan makanan akan sangat penting untuk menunjang aktivitas dan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SD Rejosari 3, Semin, Gunungkidul, yang terletak di Dusun Bedil, dekat dengan perbatasan ujung timur Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas atas SD Rejosari 3 yang berjumlah 52 anak. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi berganda dengan taraf signifikan 5 %. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan nilai r hitung sebesar 0,570 > rtabel(0,05)(51) (0,231), dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara pola makan dengan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas SD Rejosari 3 Semin Gunungkidul. Hasil uji hipotesis kedua menunjukkan nilai r hitung sebesar 0,683 > rtabel(0,05)(51) (0,231), dapat disimpulkan ada hubungan antara status gizi tingkat dengan kebugaran jasmani siswa kelas atas SD Rejosari 3 Semin Gunungkidul. Uji hipotesis ketiga menunjukan nilai F hitung 32,758 > F tabel (3,19) dapat dismpulkan ada hubungan positif dan signifikan antara pola makan dan status gizi dengan tingkat kebugaran jasmani siswa kelas atas SD Rejosari 3 Semin Gunungkidul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Pola Makan, Status Gizi, Tingkat Kebugaran Jasmani
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 Jan 2017 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 12:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46332

Actions (login required)

View Item View Item