Keefektifan Teknik Deskripsi, Interpretasi, Evaluasi (DIE) dan Teknik Objek Langsung dalam Keterampilan Bercerita dengan Alat Peraga pada Siswa Kelas VII SMP Plus Munirul Arifin NW Praya Kabupaten Lombok Tengah

Pragina, Sawacu (2016) Keefektifan Teknik Deskripsi, Interpretasi, Evaluasi (DIE) dan Teknik Objek Langsung dalam Keterampilan Bercerita dengan Alat Peraga pada Siswa Kelas VII SMP Plus Munirul Arifin NW Praya Kabupaten Lombok Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sawacu-pragina-14715251006.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu; (1) mengidentifikasi apakah teknik DIE lebih efektif daripada teknik Konvensional; (2) apakah teknik Objek Langsung lebih efektif daripada teknik Konvensional; (3) manakah teknik yang lebih efektif diantara teknik DIE dan teknik Objek Langsung dalam keterampilan bercerita dengan alat peraga pada siswa kelas VII SMP Plus Munirul Arifin NW Praya Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan randomized Pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 202 orang siswa kelas VII di SMP Plus Munirul Arifin NW Praya Kabupaten Lombok Tengah. Sampel penelitian ditentukan melalui teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian performansi atau unjuk kerja lisan. Data dikumpulkan melalui penugasan bercerita dengan alat peraga dan dinilai dengan lembar penilaian bercerita dengan alat peraga. Validitas isi instrumen menggunakan pendapat para ahli dan realibiltas instrumen diperiksa melalui teknik antarrater yang dianalisis melalui teknik korelasi Product Moment dengan program SPSS versi 21,0. Data dianalisis menggunakan uji Anava satu jalur yang dilanjutkan dengan uji Scheffe menggunakan program SPSS versi 21,0. Hasil penelitian menunjukkan (1) teknik DIE lebih efektif daripada teknik Konvensional dalam keterampilan bercerita dengan alat peraga pada siswa kelas VII SMP Plus Munirul Arifin Praya Kabupaten Lombok Tengah dengan mean difference sebesar 12,14286 dan nilai p ≤ 0,05; (2) teknik Objek Langsung lebih efektif daripada teknik Konvensional dalam pembelajaran bercerita dengan alat peraga pada siswa kelas VII SMP Plus Munirul Arifin Praya Kabupaten Lombok Tengah dengan mean difference sebesar 5,91429 dan nilai sig. 0,030 ≤ 0,05; (3) teknik DIE lebih efektif daripada teknik Objek Langsung dalam pembelajaran bercerita dengan alat peraga pada siswa kelas VII SMP Plus Munirul Arifin Praya Kabupaten Lombok Tengah dengan mean difference sebesar 6,22857 dan nilai sig. sebesar 0,021 ≤ 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, teknik DIE adalah teknik yang paling efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan becerita dengan alat peraga, teknik DIE, teknik Objek Langsung
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jan 2017 02:27
Last Modified: 09 May 2019 07:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46324

Actions (login required)

View Item View Item