LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/MAGANG III Tahun Akademik 2016/2017 SMPNEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA Jl. Dahlia Perumnas Condongcatur, Depok, Sleman Yogyakarta

Almira Puji Utami, Almira Puji Utami (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)/MAGANG III Tahun Akademik 2016/2017 SMPNEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA Jl. Dahlia Perumnas Condongcatur, Depok, Sleman Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PKN_ALMIRA PUJI UTAMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/Magang IIIdalam mata pelajaran PKn dilaksanakan dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016 di SMP N 2 Depok Sleman. PPL/Magang III bertujuan untuk mengembangkan potensi praktikan sebagai calon guru, sehingga praktikan dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan di dalam kelas. PPL/Magang III diawali dengan melakukan observasi baik di kelas maupun diluar kelas dan menyiapkan perangkat pembelajaran.Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)/ Magang III dilakukan dalam pembelajaran di kelas maupun kegiatan persekolahan. Kegiatan mengajar di kelas dilakukan secara terbimbing dan mandiri. Kegiatan yang dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut berlangsung 18 kali, dilaksanakan di kelas VIII A, B, C, D dan kelas IX C, D. Metode yang digunakan antara lain ceramah bervariasi, jigsaw, talking stick, dan penugasan kelompok. Selanjutnya media pembelajaran mata pelajaran PKn yang digunakan antara lain Ms Powerpoint, modul dan video pembelajaran. Evaluasi pembalajaran mata pelajaran PKn dilakukan dengan memberikan soal berupa post test dan ulangan harian. Selanjutnya kegiatan persekolahan meliputi upacara, piket, pendidikan karakter, Jumat sehat, sapa salam, dan panitia lomba 17 HUT RI. Hambatanhambatan dalam pelaksanaan PPL diantaranya adalah kurangnya referensi buku bagi siswa yang tersedia di sekolah, dan dalam pengelolaan kelas dimana siswa sering mengobrol saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut adalah membagikan fotokopi materi PKn kepada siswa dan menggunakan metode yang dapat menarik perhatian siswa seperti jigsaw, talking stick, dan penugasan kelompok. Dari pelaksanaan PPL/Magang III selama kurang lebih dua bulan di SMP Negeri N 2 Depok Sleman ini dapat dipetik hasilnya oleh praktikan berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Kewarganegaraan yang diperoleh dari bangku perkuliahan.Praktik Pengalaman Lapangan/Magang III dapat digunakan sebagai sarana untuk memperoleh pengalamanyang faktual sebagai bekal untuk menjadi guru yang kompeten dan profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan, PPL/Magang III, SMP Negeri 2 Depok Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Jan 2017 02:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46321

Actions (login required)

View Item View Item