LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Tesa Rizki Aulia, Tesa Rizki Aulia (2016) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PBSI_TESA RIZKI AULIA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajarinya di dunia perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Selain itu, kegiatan PPL juga bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik. PPL Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) semester khusus tahun 2016 yang berlokasi di SMP N 2 Depok telah dilaksanakan oleh 11 mahasiswa kependidikan dari berbagai jurusan. Mahasiswa telah melaksanakan pembelajaran PPL langsung di lingkungan sekolah mulai dari tanggal 15 Juli 2016 hingga 15 September 2016. Kegiatan PPL ini meliputi kegiatan mengajar dan non mengajar. Kegiatan mengajar di kelas dilakukan sesuai jadwal yang sudah disepakati dengan guru pembimbing. Mahasiswa melakuka kegiatan praktik mengajar di kelas VII B dan melakukan pendampingan mengajar di kelas VII A. untuk mendukung pembelajaran mahasiswa menggunakan beberapa metode dan media yang mendukung. Ada beberapa hambatan dan kendala yang dihaadapi selama praktik mengajar, yaitu dalam hal pengelolaan kelas yang gaduh, serta manajemen waktu. Hambatan dan kendala tersebut pada akhirnya dapat teratasi seiring berjalannya waktu karena mahasiswa yang lama kelamaan memeprlajari cara mengatasi siswa SMP di kelas. Secara umum, program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik. Adanya hambatan selama kegiatan merupakan hal yang wajar. Dengan adanya PPL ini mahasiswa mendapat pengalaman yang besar serta gambaran nyata pendidikan di sekolah. Terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 2 Depok, pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Jan 2017 01:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46311

Actions (login required)

View Item View Item