LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 DEPOK CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Febriyani Dwi Rachmadani, Febriyani Dwi Rachmadani (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 DEPOK CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
PBSI_FEBRIYANI DWI RACHMADANI.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang digunakan sebagai media pengaplikasian hasil belajar mahasiswa selama di bangku kuliah. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari kegiatan micro teaching serta dipergunakan untuk mencari ilmu yang bersifat konkret. Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan langsung kepada mahasiswa sebagai calon pendidik, sehingga mahasiswa dapat mengambil pembelajarannya sebagai sarana pengembangan kemampuan. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan melakukan praktik langsung ke sekolah-sekolah sebagai pendidik. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP Negeri 2 Depok, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Juli 2016 hingga tanggal 15 September 2016. Namun, pada kenyataannya mahasiswa melaksanakan PPL sebelum tanggal itu karena mengikuti serangkaian kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Pengajaran di kelas diharapkan mampu memenuhi syarat 4 kali mengajar terbimbing dan 4 kali mengajar mandiri, atau dapat melaksanakan 6 kali mengajar dengan kelas paralel. Pada pelaksanaannya penyusun yang berasal dari Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mendapat jatah mengajar kelas VII A. Pembagian jadwal mengajar yang hanya satu kelas ini dikarenakan guru pembimbing (Kepala Sekolah) hanya memiliki 2 kelas mengajar, oleh karena itu dibagi untuk 2 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, modeling, eksperimen, diskusi kelompok, observasi, dan tanya jawab. Media yang digunakan berupa audio video, permainan, dan media nonelektonik (LK, kertas manila, stiky note). Secara umum semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik, namun terdapat beberapa kendala seperti sulitnya mengatur siswa yang terlalu aktif sendiri dan kurang memperhatikan pelajaran. Hal tersebut dapat diatasi dengan memberikan nasihat dan perhatian lebih kepada siswa. Terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat menciptakan tenaga pendidik yang professional dan berkualitas yang mampu menjadikan dunia pendidikan lebih baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMP Negeri 2 Depok, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Jan 2017 01:49
Last Modified: 01 Oct 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46309

Actions (login required)

View Item View Item