PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG PENTINGNYA MENGONSUMSI BUAH DAN SAYUR BAGI KESEHATAN DI KELAS VII MTs NEGERI WATES

Isna, Nur Fitriana (2016) PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG PENTINGNYA MENGONSUMSI BUAH DAN SAYUR BAGI KESEHATAN DI KELAS VII MTs NEGERI WATES. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
halaman awal skripsi.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I,II,III,IV,V dan daftar pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran Prakarya dengan metode mind mapping, 2) gambaran awal pengetahuan siswa tentang pentingnya mengonsumsi buah dan sayur bagi kesehatan, 3) pengetahuan siswa tentang pentingnya mengonsumsi buah dan sayur bagi kesehatan setelah penerapan metode mind mapping dan 4) gambaran pola makan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre test dan post test group. Tempat penelitian di MTs Negeri Wates pada bulan Januari 2015 hingga bulan Maret 2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebanyak 32 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes pilihan ganda (pre test) dan (post test), food recall 2x24 jam, dokumentasi dan wawancara. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus spearman brown dan product moment belahan dua. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran menggunakan mind mapping pada hari pertama sebesar 87,3-90,4%, dan hari kedua sebesar 93,65-95,23%; (2) gambaran awal pengetahuan siswa tentang pentingnya mengonsumsi buah dan sayur bagi kesehatan berada pada cukup (68,75%); (3) pengetahuan siswa tentang pentingnya mengonsumsi buah dan sayur bagi kesehatan setelah penerapan metode mind mapping berada pada kategori baik (50,00%), terjadi kenaikan pengetahuan sebesar 390,91%; dan (4) pola makan siswa berdasarkan jenis bahan makan berada pada kategori buruk (55,56%); frekuensi makan hari pertama berada pada kategori baik (70,37%) dan hari kedua berada pada kategori baik (48,15%); variasi menu yang dikonsumsi siswa berada pada kategori tidak bervariasi (66,67%); jumlah makan (tingkat energi) berada pada kategori buruk (100%). Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Pengetahuan Siswa, Buah dan Sayur

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jan 2017 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 12:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46294

Actions (login required)

View Item View Item