LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 NGAGLIK Alamat : Kayunan, Kelurahan Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

IRYAPRIMA MAHARANI, IRYAPRIMA MAHARANI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 NGAGLIK Alamat : Kayunan, Kelurahan Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
lap PPL Iryaprima maharani.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa UNY yang megambil jurusan kependidikan. Tujuan dari PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran, mengembangkan kompetensi keguruan/ kependidikan dan mengetahui secara langsung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, mengenalkan mahasiswa kepada lembaga kependidikan yang sebenarnya sehingga dapat mengetahui segenap permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran, selain itu diharapkan mahasiswa dapat memperoleh bekal pengalaman dalam rangka meningkatkan profesionalitas kerja di dunia pendidikan. Program PPL di SMP Negeri 1 Ngaglik dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Praktikan diterjunkan untuk mengajar di kelas VII E dan VII F. Dalam pelaksanaan PPL ini praktikan melaksanakan berbagai program baik yang bersifat individu maupun kelompok. PPL bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal pengalaman sebagai calon tenaga pendidik yang bekualitas. Kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Ngaglik meliputi kegiatan mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Dalam kegiatan praktik mengajar di kelas, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Bimbingan juga dilaksanakan dalam pembuatan perangkat pembelajaran RPP, silabus, serta perangkat evaluasi. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, membantu administrasi tata usaha, dan lain-lain yang menjadikan ini sebagai pengalaman menambah bekal bagi calon tenaga pendidik di luar tugas mengajar di kelas. Dari serangkaian kegiatan PPL di SMP Negeri 1 Ngaglik pada bulan Juli – September dapat diambil makna bahwa PPL merupakan wahana yang tepat bagi mahasiswa calon tenaga pendidik untuk mempraktikkan ilmu yang telah diperolah dari kampus. PPL merupakan pengembangan dari empat kompetensi praktikkan, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 23 Jan 2017 00:10
Last Modified: 01 Oct 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46290

Actions (login required)

View Item View Item