LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN/MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

ALFINA YUNITASARI, ALFINA YUNITASARI (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN/MAGANG III UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA Kayunan, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
lap PPL ALfina yunitasari.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PRAKTIK Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama kuliah dalam kehidupan nyata. PRAKTIK Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai wahana untuk membentuk tenaga kependidikan yang professional. Terdapat 2 mahasiswa yang berasal dari Jurusan Pendidikan IPS untuk melakukan PRAKTIK Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilaksanakan di SMP N 1 Ngaglik. Kegiatan PPL dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan yaitu dari tanggal 15 Juli – 15 September 2016. Praktikan mendapat satu guru pembimbing, yaitu Ibu Rinawati Setyaningsih, S.Pd. yang merupakan guru mata pelajaran IPS. Praktikan mendapat kesempatan mengajar mata pelajaran IPS untuk kelas VIII dan mendampingi kelas IX. Mata pelajaran IPS diajarkan sebanyak 2 kali pertemuan dalam seminggu dan setiap pertemuan selama 2 x 40 menit pada setiap kelas. Dalam rentang waktu tersebut, praktikan aktif mengajar selama 6 minggu dan telah mengajar kelas VIII dan mendampingi kelas IX sebanyak kurang lebih 20 kali. Secara garis besar, pelaksanaan praktik mengajar di SMP N 1 Ngaglik ini dapat berjalan dengan cukup baik. Pihak sekolah dan praktikan dapat bekerja sama dengan baik sehingga dapat tercapai suasana yang kondusif dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Selama praktik mengajar, banyak pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh praktikan terutama masalah kegiatan proses pembelajaran di dalam kelas. Proses pengajaran dan pembelajaran dilakukan dengan berbagai metode seperti ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi, teams games tournament dan mindmapping. Pendekatan EEK (Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi) dalam kurikulum 2006 digunakan dalam metode pembelajaran. Setelah selesai mengajar, praktikan mendapat bimbingan oleh guru pembimbing, mengevaluasi jalannya pelajaran, sehingga praktikan mengetahui kelemahan dalam mengajarnya. Pengarahan ini bertujuan agar praktikan dapat memperbaiki kesalahan dan kekurangan yang ada sehingga mampu meningkatkan kualitas mengajar ke depannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), SMP N 1 Ngaglik
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 23 Jan 2017 00:07
Last Modified: 23 Jan 2017 00:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46289

Actions (login required)

View Item View Item