LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SENI DAN BUDAYA (PPPPTK SENI DAN BUDAYA)

Agil Toen Prasetyo, Agil Toen Prasetyo (2016) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN PUSAT PENGEMBANGAN DAN PEMBERDAYAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN SENI DAN BUDAYA (PPPPTK SENI DAN BUDAYA). LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
laporan PPL Individu Agil Toen Prasetyo.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Matriks proker individu PPL Agil.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya (PPPPTK Seni dan Budaya) merupakan lembaga yang mempunyai tugas membina, meningkatkan dan mengembangkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan. Secara umum tugas pokok tertuang dalam hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja PPPPTK. Dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini berupaya memaksimalkan kegiatan diklat dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Sementara itu di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Seni dan Budaya Yogyakarta (PPPPTK Seni dan Budaya) dimana diterjunkan mahasiswa praktek pengalaman lapangan (PPL) Program Studi Teknologi Pendidikan. Sebelumnya pada PPL 1 yang dimulai sejak semester enam guna mengetahui seluk beluk lembaga, merencanakan dan mempersiapkan kegiatan di PPL 2 melalui metode Observasi, wawancara dan studi literasi. Maka, tersusunlah rencana program kerja yaitu Pengelolaan Sumber Belajar sekaligus menjadi penanggungjawab dan Pengolahan Data dan Informasi serta Evaluasi PPPPTK Seni dan Budaya. Untuk itu diperlukan persiapan dalam melaksanakan perencanaan tersebut Selain itu didalam PPL 2, penyusun mendapatkan tugas tambahan berdasarkan tugas pokok masing-masing seksi diantaranya Pembuatan Sertifikat dan Surat Keterangan Penatar Diklat Instruktur Nasional Guru Pembelajar, Rekapitulasi Monev Dampak Diklat, Pengumpulan dan penyusunan lampiran laporan diklat, Rekapitulasi Surat Tugas Pegawai PPPPTK seni dan Budaya, Bimbingan pembuatan link download data bagi pegawai PPPPTK Seni dan Budaya dan perawatan perbaikan mesin cetak. Untuk kegiatan insidental diantaranya lomba dan upacara HUT RI, Presentasi Darmasiswa, sarasehan bersama mantan mendikdasmen dan jumat sehat. Hasil seluruh program kerja dapat terlaksana namun beberapa kurang maksimal dengan apresiasi sangat memuaskan dari PPPPTK Seni dan Budaya dengan kendala dan pertimbangan yang ada. Untuk itu semoga dapat menjadi pengalaman yang berharga bagi PPL kali ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL., PPPPTK Seni dan Budaya, Seksi Evaluasi, Sumber belajar.
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:01
Last Modified: 20 Jan 2017 04:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/46271

Actions (login required)

View Item View Item